DPR Soroti Sistem Pengelolaan Parkir RS Dunda – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

DPR Soroti Sistem Pengelolaan Parkir RS Dunda

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Sistem pengelolaan parkir di Rumah Sakit (RS) MM Dunda, Kabupaten Gorontalo, dinilai merugikan masyarakat lantaran biaya roda dua dan empat yang dipatok pada angka 5000 rupiah. Hal tersebut menjadi viral setelah salah seorang masyarakat mengeluhkan mahalnya biaya parkir di media sosial facebook.

Keluhan itu di unggah oleh akun bernama Rycho Ssfc pada Selasa (7/8), di grup Portal Gorontalo. “Apakah sudah begini aturan rumah sakit tipe C, soalnya ini hanya bantu antar pasien,” tulisnya dalam grup facebook tersebut. Status tersebut langsung disambut komentar pedas oleh warganet dan mendapatkan respon dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo.

Menurut Ketua Komisi II DPRD, Adnan Entengo, pihak rumah sakit dan pihak ketiga perlu melakukan pertimbangan yang lebih bijaksana lagi. Karena secara aturan, DPR baru menetapkan Perda objek pajak untuk lahan parkir.

“Saran kami di DPR perlu dibicarakan lagi terkait dengan angka yang cukup tinggi ini, agar tidak terjadi pembebanan terhadap keluarga pasien atau masyarakat,” ungkap Adnan.

Penentuan angka pajak sendiri menurut Adnan harus memakai rumus yang terkait dengan lahan parkir, luas parkir dan lama waktu parkir. Tidak diperbolehkan menentukan objek pajak dengan sembarangan. “Tarif sekarang yang diberlakukan cukup tinggi. Tidak sampai beberapa menit harus bayar seperti itu,” tegas Adnan.

Ia juga meminta pihak ke tiga sebagai pengelola untuk kembali mencermati dan mempertimbangkan dengan bijaksana. “Untuk selanjutnya masalah ini harus dibicarakan secara terpadu.” menurut Adnan.

Dibicarakan secara integrasi agar angka yang akan diberlakukan untuk retribusi tidak dapat membebani masyarakat.
“Harus juga dipahami bersama, instansi pemerintah itu sebanarnya tidak dikenakan pajak parkir. Tapi ini dikecualikan untuk pasar dan rumah sakit, karena dia masuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).” tandasnya.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top