DPR Kabgor Setujui 3 Ranperda Prakarsa Eksekutif – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

DPR Kabgor Setujui 3 Ranperda Prakarsa Eksekutif

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo menggelar sidang paripurna terkait 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah usul Prakarsa DPRD Tentang Penyusunan Produk Hukum dan Tiga Ranperda Usul Inisiatif Pemerintah Kabupaten Gorontalo Tahun 2017, Senin (6/8/2018).

Pada sidang paripurna tersebut, Ketua Pansus (Panitia Khusus), Adnan Entengo dalam laporan hasil pembahasannya, mengatakan bahwa 3 Ranperda yang diajukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo tersebut, dinilai sangat penting sehingga wajib untuk diseriusi. “Peranan pajak daerah jelas dalam mendanai pembangunan, membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kemandirian daerah, sehingga direspon serius oleh DPRD melalui pembentukan pansus,” ungkap Adnan Entengo.

Adnan menambahkan, proses pembahasan Ranperda usul inisiatif ini juga telah berlangsung sejak bulan April sampai bulan Juli 2018, dan telah dilakukan pengkajian baik secara internal dan juga dengan melibatkan unsur Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) sesuai dengan substansi Ranperda, diantaranya, Badan Keuangan Daerah, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, serta Bagian Hukum Setda Kabupaten Gorontalo.

Lebih lanjut kata Adnan, disamping pembahasan dengan Instansi terkait, pihak Pansus juga telah melakukan konsultasi publik bahkan sharing informasi, dengan daerah-daerah lain, menyangkut substansi materi dan proses penerapan dari Ranperda yang diusulkan tersebut. Hal ini, kata Dia dimaksudkan agar Ranpeda yang dihasilkan akan sesuai dengan kondisi yang diharapkan, khususnya dalam meningkatkan PAD, tidak menjadi beban, dan bisa diterapkan dan terterima di masyarakat serta tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Alhamdulillah, terhadap materi ke 3 Rancangan Perda tersebut juga yang telah disepakat oleh seluruh unsur fraksi yang ada dalam Komisi II.” ungkapnya.

Ketiga rancangan peraturan daerah yang disetujui tersebut adalah Rancanangan Peraturan Daerah Tentang Pajak Air Bawah Tanah, Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pajak Parkir, serta Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Gorontalo Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Perizinan Tertentu.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu dan didampingi oleh para Wakil Ketua. Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Anggota, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Pimpinan Instansi Vertikal, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Para Camat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan LSM.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top