KOMDA LANSIA Kabgor Resmi Dikukuhkan – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Uncategorized

KOMDA LANSIA Kabgor Resmi Dikukuhkan

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melalui organisasi Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda), Hadijah U Tayeb. Komda Lansia dikukuhkan lewat momen peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXV dan HUT Lansia ke-XXII tingkat Kabupaten Gorontalo.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan Harganas, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo selaku Pembina Upacara mengukuhkan Komda Lansia Kab. Gorontalo terhadap sejumlah 20 orang perwakilan dan menyematkan PIN Komda Lansia Lansia Tahun 2018 didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo dan TP PKK Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antar Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Gorontalo dengan TP-PKK tentang peningkatan kapasitas kader PKK dalam pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi. Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menerangkan bahwa siklus hidup manusia dari balita hingga lansia, lahir sampai meninggal. “Selama ini kita hanya bicara balita, bicara remaja dan bicara orang tua,” katanya.

Loading...

Khusus hari ini, kata Bupati Nelson, yang dibicarakan adalah lansia dan memberikan ruang kepada mereka untuk bersemangat dan juga memberikan semangat kepada kita. “Jadi tidak sekadar mereka memeberikan semangat tapi juga memberikan semangat kepada mereka dengan adanya lomba-lomba produktifitas, lomba duta lansia, lomba keroncong lansia dan lain -lain,” tegas Bupati Nelson.

Pihaknya juga menuturkan, lewat lomba -lomba itu, kolaborasi antara remaja,orang tua, generasi muda dan lansia tetap terjalin. “Target saya, mereka tetap semangat, tetap sehat, tetap produktif. Olehnya ada pameran produksi yang dilaksanakan,” ucap Bupati Nelson.

Terkait Pembentukan Komda Lansia, Nelson menjelaskan bahwa wadah itu menjadi tempat tukar informasi lansia dan membuat program-program lansia.”Program lansia ini banyak, diantaranya program kesehatan, ekonomi produktif, bidang pendidikan, bagaimana membangun keluarga sejahtera walaupun mereka sudah tua,” jelas Nelson.

Pihaknya menerangkan, untuk mencapai target itu, yang pertama dilakukan adalah mengidentifikasi para lansia dan data harus ada kejelasan data. Kemudian Dinas Sosial di Gorontalo harus ada bantuan khusus lansia. Ketiga membina semangat lansia sesuai talenta. “Terakhir kita berharap agar hubungan mereka dengan kita tetap yang masih muda dengan mereka tetap terjaga. Dengan demikian yang masih muda siap menjadi lansia dan anak-anak kita menghargai orang tua,” Tutup Nelson.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top