Indra Yasin Tegaskan Sikap Pemerintah Daerah Soal Polemik Tapal Batas Gorut-Buol – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Indra Yasin Tegaskan Sikap Pemerintah Daerah Soal Polemik Tapal Batas Gorut-Buol

bupati indra yasin kala menyampaikan persoalan tapal batas kepada senator dpd ri dari gorontalo ad khaly. foto: humas.

GORUT (REPUBLIKPOS) – Polemik tapal batas antara Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo dengan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, jadi pertahatian serius dari Bupati Gorut Indra Yasin. Hal ini juga terungkap kala pertemuan antara Bupati Gorut dengan salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Gorontalo, AD. Khaly, di ruang kerja Bupati Gorut, Senin (6/8/2018) siang tadi.

Pada pertemuan tersebut, Bupati Indra Yasin menyampaikan sikap tegasnya dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak warga Gorontalo Utara terkait batas wilayah antara dua kabupaten beda provinsi tersebut. Pemda Gorut juga, kata Bupati Indra Yasin, sangat intensi dalam mempertahankan wilayah yang menjadi hak milik dari warga Gorontalo Utara, termasuk kala pertemuan antara pihak Kabupaten Gorut dengan Kabupaten Buol yang difasilitasi oleh pihak Kementerian Dalam Negeri lalu. Meskipun pada pertemuan tersebut belum ada kesepakatan yang dihasilkan.

“Ya, selama ini saya terus mengikuti perkembangan dari hasil mediasi antara pemda Gorut dengan Pemda Buol di Kemendagri. Hingga saat ini belum ada kesepakatan antara kami Pemda Gorut maupun Pemda Buol. Akan tetapi dari hasil laporan tersebut, kami memiliki banyak bukti dan dokumen yang sah dan mampu membuktikan batas wilayah Kabupaten Gorut dengan melihat banyaknya simbol-simbol sejarah yang ada di Kecamatan Tolinggula.” ungkap Bupati Indra Yasin dihadapan Senator DPD RI, AD Khaly.

Loading...

“Kami berharap permasalahan perbatasan ini dapat dibawa ketingkat DPR RI dan Kemendagri melalui perwakilan DPD RI, AD. Khaly yang juga adalah mantan camat Sumalata ini,” sambung Indra Yasin.

Menyambut apa yang menjadi penyampaian Bupati Indra, AD. Khaly menyatakan dukungan sepenuhnya apa yang menjadi harapan masyarakat dan Pemerintah Daerah Gorut dalam mempertahankan batas wilayahnya. AD. Khaly pun berjanji akan membawa Persoalan ini ketingkat pusat.

“Tentu harapan saya ini dapat segera ditindaklanjuti dengan berbagai pertimbangan baik aspek sosial, kemasyarakatan dan dampak yang nanti ditimbulkan akibat permasalahan tapal batas. Dan masalah ini tidak hanya menjadi persoalan dua kabupaten saja, akan tetapi antar dua provinsi, yakni Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulteng.” kata AD Khaly.

AD Khaly juga berjanji dalam waktu dekat akan bertemu dengan Gubernur Gorontalo untuk membicarakan persoalan tapal batas tersebut. “Persoalan ini sudah harus diselesaikan antar Gubernur agar kedua belah pihak dapat menghasilkan kesepakatan yang benar-benar diinginkan seluruh masyarakat,” pungkas AD Khaly.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait dilingkup Setda Gorontalo Utara.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top