Bupati Gorut Serukan Pelestarian Sungai – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati Gorut Serukan Pelestarian Sungai

bupati gorontalo utara indra yasin (kanan) saat berbincang-bincang dengan masyarakat beberapa waktu lalu. foto: dok. humas

GORUT (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pengrusakan lingkungan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pengrusakan lingkungan. Segala kegiatan yang dapat berdampak negatif terhadap lingkungan seperti ilegal loging dan membuka lahan pertanian secara berpindah-pindah agar segera dihentikan.

“Karena imbasnya sangat besar selain akan menimbulkan kerusakan hutan yang berakibat pada banjir dan tanah longsor juga akan terjadi krisis air ketika musim kemarau tiba,” kata Bupati Indra Yasin pada pertemuan dengan masyarakat disejumlah desa di Kecamatan Kwandang beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Indra Yasin menjelaskan, salah satu wilayah yang teramat penting dilindungi kelestariannya adalah hulu sungai. Bila dihulu sungai sudah mengalami kerusakan maka di musim hujan akan mendatangkan bencana banjir, dan saat musim kemarau akan terjadi kekeringan.

Apalagi kata Bupati Indra Yasin, sungai menjadi tempat bergantungnya segala kehidupan masyarakat Gorut, baik itu untuk pengairan sawah, maupun sumber air bersih. “Untuk itu saya mengajak kepada masyarakat melalui pemerintah desa, Kecamatan dan instansi terkait agar menjaga dan mencegah adanya penebangan kayu dan pengrusakan di hulu sungai ini. Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi sungai sungai agar tetap lestari dan dapat dirasakan sampai anak cucu kita kelak,” imbau Bupati.

“Kalau perlu pemerintah desa bersama lembaga dan tokoh-tokoh masyarakat berinisiatif melakukan penanaman kembali hutan yang sudah gundul di sepanjang wilayah aliran sungai,” tukasnya.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top