Keberadaan Tambang Galian C Mulai Resahkan Warga – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Keberadaan Tambang Galian C Mulai Resahkan Warga

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Keberadaan Tambang Galian C jika dalam pengelolaanya tidak diawasi dengan baik oleh pemerintah maka akan berdampak negatif bagi lingkungan disekitarnya. Apalagi dalam pengelolaannya tidak disertai dengan teknis yang sesuai dengan aturan yang semestinya.

Seperti halnya tambang galian C milik salah seorang warga di Desa Momala, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, yang belakangan ini mengundang keresahan dari warga sekitar. Menurut pengakuan dari sejumlah warga di desa tersebut, bahwa tambang galian C yang perizinannya belum lengkap itu telah masuk ke areal hutan dan telah merusak lingkungan.

“Kasian hutan telah dirusak. Imbasnya ke kami kalau hujan, dan pasti akan banjir dan longsor. Sangat diharapkan ada tindakan tegas dari pemerintah,” Ujar salah seorang warga desa yang identitasnya disamarkan.

Sementara itu, Kepala Desa Momala, Kasmat Hida membenarkan adanya laporan dari warga terkait permasalahan itu. Dirinya mengaku bahwa hal tersebut telah diteruskan kepada pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti.

“Baru-baru ini pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo beserta anggota DPRD dan pihak lainnya, sudah mendatangi lokasi tersebut,” ungkap Kasmat, Kamis (2/8/2017).

Sementara ditempat yang berbeda, Kepala Seksi Amdal, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Goronto, Nasrudin Yasin saat dikonfirmasi perihal galian C yang meresahkan warga Desa Momala membenarkan bahwa surat perijinan dari Galian C yang dikantongi oleh Ismail Iti selaku pemilik tambang galian C tersebut memang sedikit keliru. Menurutnya Surat Persetujuan Peningkatan Ijin Usaha Pertambangan Eksplorasi telah dirubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Komoditas Bantuan.

“Kami sudah turun melakukan survei. Dan kalau dilihat galian tersebut memang tidak memasuki kawasan hutan. Hanya saja kami masih terus melakukan analisa terkait masalah tersebut,” ungkapnya.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top