Pengelolaan Rumah Milik Negara Banyak Bermasalah – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Pengelolaan Rumah Milik Negara Banyak Bermasalah

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Pengelolaan rumah milik negara (Rumah Dinas) hingga saat ini masih banyak ditemukan masalah. Hal ini terungkap pada kegiatan Rekonsiliasi Provinsi Gorontalo untuk Pengelolaan Rumah Negera Golongan III, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PR) di Hotel Maqna, Jln. Sultan Botutihe, Kota Gorontalo, (02/07/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan penyatuan presepsi mengenai pengelolaan rumah negara ini, dihadiri oleh Bambang Susanto selaku Seksi Wilayah I Pengelolaan Rumah Negera Golongan III Direktorat Bina Penataan Bangunan Dirtjend Cipta Karya Kementrian PU/PR dan sejumlah instansi vertikal Provinsi Gorontalo.

Kepada awak media, Bambang Susanto menyampaikan dalam pengelolaan rumah negara masih banyak ditemukan masalah. Sehingga bagi pihaknya, rekonsiliasi ini sangat penting untuk diselenggarakan.

“Kegiatan ini penting, karena sampai saat ini pengelolaan rumah negara masih mempunyai masalah, salah satunya banyak rumah negara yang dihuni oleh pensiunan, oleh ahli waris bahkan dihuni oleh yang tidak berhak. Ada yang sudah beralih fungsi, dikontrakan atau dijual. Yang seharusnya mereka tidak berhak menghuni, karena tidak memegang SIB (Surat Ijin Bangunan) dari instansi terkait,” jelasnya.

Proses pengelolaan data rumah negara sendiri akan terus dilakukan, mengingat banyak masalah yang timbul karena data belum terdevinisi dengan baik.

Pasalnya penggolongan rumah negara harus sesaui dengan SK yang benar.

“Mestinya rumah itu masuk golongan I atau II tapi malah masuk golongan III karena penghuninya berstatus pegawai golongan III. Golongan I dan II SK-nya harus dari instansi pegawai yang bersangkutan, golongan III SK-nya hanya dari pak Dirtjen Cipta Karya,” ujar Bambang Susanto.

Perwakilan Kementrian PUPR di Provinsi Gorontalo yakin, dikemudian hari dengan pengelolaan data yang benar dapat tercapai cita-cita penataan aset rumah negara yang baik dan benar.

PENULIS: Moh. Afandi

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top