Diknas Kota Gorontalo Paling Rendah Dalam Serapan Anggaran - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Diknas Kota Gorontalo Paling Rendah Dalam Serapan Anggaran

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Saat rapat evaluasi proyek TA. 2018 di DPRD Kota Gorontalo, Ketua Komisi ‘C’ DEKOT Hais Karel Nusi mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja Dinas Pendidikan Nasional (DIKNAS) Kota Gorontalo. Hais menilai, DIKNAS sebagai SKPD dengan penyerapan anggaran APBD dan DAK terkecil yakni hanya sebesar 9 persen.

“Kami sangat kecewa setelah mendapat informasi bahwa penyerapan anggaran untuk pekerjaan proyek yang di biayai oleh APBD dan rata-rata baru mencapai 20 persen, padahal sudah masuk bulan ke 2 triwulan ke 3, seharusnya sudah 60 persen penyerapan anggaran. dan sangat yang disayangkan yang paling rendah dari DIKNAS yakni 9 persen,” ujar Hais Nusi.

Menanggapi hal tersebut, Yanson Lasalewo selaku sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gorontalo membantah dan meluruskan penilaian yang dilayangkan ke pihaknya. “Penyerapan DIKNAS tidak sekecil yang disampaikan saat rapat evaluasi. Penyerapan DAK sesuai data kami itu tidak sesuai yang disampaikan saat rapat evaluasi di DPRD, yakni 39 persen. Penyerapannya sendiri dari 11 sekolah,” ucap Yanson Lasalewo saat ditemui awak Republikpos di kantornya, Kamis (02/07/2018).

Sebelumnya, Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo, Hais Karel Nusi, menyampaikan jika selama ini DIKNAS selalu menjadi SKPD dengan jumlah penyerapan terkecil setiap evaluasi pertahunnya.

Ketua Komisi ‘C’ DPRD Kota Gorontalo ini juga menjelaskan, APBD dan DAK adalah anggaran yang disediakan untuk kepentingan rakyat, jika penyerepan rendah maka keperdulian dan kinerja SKPD juga pasti rendah.

PENULIS: Moh. Afandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top