Di Gorontalo Penerima Bantuan Sosial Tidak Bisa Merokok - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Di Gorontalo Penerima Bantuan Sosial Tidak Bisa Merokok

alterntif text

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Bagi masyarakat penerima bantuan sosial, khususnya penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah Provinsi Gorontalo dilarang merokok.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge menanggapi permintaan Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro agar Bantuan Sosial yang diberikan pemerintah tidak dibelikan rokok.

“Selaku kadis saya sangat setuju penerima PKH dan BPNT syaratnya tidak bisa merokok atau harus berhenti merokok” ujar Risjon Sunge.

Pemerintah Provinsi Gorontalo sendiri sejak tahun 2014 dibawah kepemimpianan Rusli Habibie telah mengintruksikan bagi penerima bantuan syaratnya adalah berhenti merokok dan minum minuman keras, dan berkomitmen jika ditemukan maka akan dihapus sebagai peserta penerima bantuan dipenerimaan berikutnya.

alterntif text

Aturan tersebut oleh KADIS Sosial Provinsi Gorontalo dijelaskan karena dampak yang ditimbulkan sangat besar.

“Hal ini karena dampak yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok, selain mengganggu kesehatan juga melumpuhkan ekonomi keluarga” ucap Risjon Sunge.

Hal senada juga disampaikan oleh Korwil PKH Provinsi Gorontalo Hendrik Yasin, pihaknya mengakui telah menghimbau kepada masyarakat penerima PKH untuk tidak merokok.

“Seiring sejalan dengan pak kadis, kami sudah menghimbau kepada masyarakat penerima bantuan PKH itu tidak merokok, tapi karena fungsi kontrol ke bawah kami masih kesulitan, masih ada saja yang merokok. padahal ini akan berpengaruh pada pengeluaran mereka” ujarnya.

Untuk aturan masyarakat penerima BPNT dan PKH tidak bisa merorok, secara teknis Korwil PKH ini masih menunggu penetapan aturan yang mengikat dari pusat. sehingga pihaknya dapat memberikan sanksi yang jelas untuk penerima bantuan sosial yang merokok.

PENULIS: Moh. Afandi

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top