Bupati Gorontalo Diundang Presiden Zimbabwe Untuk Bahas Potensi Kerjasama – REPUBLIKPOS.COM
Press Release

Bupati Gorontalo Diundang Presiden Zimbabwe Untuk Bahas Potensi Kerjasama

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Nelson Pomalingo hadiri undangan khusus Presiden Pemerintah Revolusioner Zanzibar, Ali Mohamad Shein untuk membahas potensi kerja sama dibidang pariwisata dan pertanian.

Ali Mohamad Shein adalah pemimpin daerah semi otonomi Zanzibar di Tanzania. Posisinya setara dengan Wakil Presiden Tanzania. Melalui nota diplomatik perwakilan Tanzania, Presiden Ali Mohamad Shein mengundang Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Pertemuan keduanya berlangsung di Hotel Borobudur, Rabu (01/08).

Bupati Nelso Pomalingo saat dihubungi lewat pesan whatsapp mengatakan bahwa ia mendapat undangan khusus Presiden Ali Mohamad Shein. Presiden Ali Mohamad Shein memintanya bertemu secara khusus untuk membahas beberapa kerja sama.

Ia menjelaskan bahwa Presiden Ali Mohamad Shein didampingi Metnteri Pedagangan Zanzibar, duta besar Tanzania. Perwakilan negara luar itu dikatakan Bupati Nelson untuk menggagas kerja sama antar negara dibidang pariwisata dan pertanian.

Presiden Zanzibar, Ali Mohamad Shein mengawali pertemuan di Indonesia dengan Wakil Presiden RI Yusuf Kalla. Kemudian dilanjutkan dengan kementrian luar negeri, pariwisata dan pertanian. Bupati Nelson Pomalingo menjadi satu-satunya yang diundang secara khusus untuk membahas kerja dengan Zanzibar.

Penjajakan kerja sama itu diakui Bupati Nelson Pamalingo berawal dari kehadiran duta besar Tanzania di Kabupaten Gorontalo untuk kegiatan rakornas Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek). Sehingga mereka sudah melihat potensi kelapa yang perlu ditindak lanjuti kerja samanya.
Bupati Nelson Pomalingo selaku ketua Kopek mengaku antusias melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dibidang pertanian, baik kelapa maupun varietas lainnya. Kerja sama itu akan digagas bersama sampai pada pertemuan dengan bupati-bupati dalam forum Kopek.

“Kita segera mengadakan kerja sama dalam benruk surat resmi dengan Presiden Tanzania dan akan ditindak lanjuti dengan nota kesepahaman. Sejumlah perusahaan kelapa di Kabupaten Gorontalo juga akan diajak untuk kerja sama serta Balai Kelapa Provinsi Sulawesi Utara,” kata Bupati Nelson Pomalingo.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top