3 Ranperda Usul Inisiatif DPRD Diserahkan ke Bupati. Apa Saja Itu? – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

3 Ranperda Usul Inisiatif DPRD Diserahkan ke Bupati. Apa Saja Itu?

GORUT (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, resmi menerima 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usul prakarsa DPRD Gorut. Ketiga Ranperda ini diserahkan oleh Wakil Ketua I DPRD Gorut, Lukman Botutihe pada Sidang Paripurna di Gedung DPRD Gorontalo Utara, Rabu (1/8/2018) kemarin.

Ketiga Ranperda yang diserahkan tersebut adalah Ranperda tentang pengelolaan Aset desa, Ranperda tentang produk hukum desa, dan Ranperda tentang perubahan atas perda nomor 1 tahun 2016 tentang pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

Usai Penyampaian usulan Ranperda, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin melalui pendapat pemerintah daerah menungkapkan akan menindaklanjuti 3 buah ranperda usul DPRD Gorut diinternal Pemerintah Daerah Gorut.

Lebih lanjut Bupati Indra menjelaskan bahwa berdasarkan ketentuan pasal 72 peraturan menteri dalam Negeri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah menyatakan bahwa rancangan perda yang berasal dari DPRD kabupaten dibahas oleh DPRD dan Bupati untuk mendapatkan persetujuan bersama melalui rapat paripurna.

Loading...

“Selaku pemerintah daerah Kabupaten Gorut mengapresiasi langkah maju DPRD Gorut dengan 3 usulan Ranperda ini untuk disahkan. sehingganya, ketiga buah rancangan Perda Usul DPRD Gorut ini akan kami tindaklanjuti lebih dalam lagi guna kemajuan daerah Gorut yang sama-sama kita cintai ini. Tentunya selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan lembaga legislatif dalam memajukan daerah Gorut melalui berbagai produk hukum yang berkenaan dengan kepentingan maayarakat”,ungkap Bupati Indra Yasin.

Kemudian dari tanggapan Sejumlah Fraksi di DPRD, hampir semua menyetujui adanya ketiga ranperda tersebut. Olehnya Bupati pun berharap langkah tindaklanjut tersebut dapat segera dilakukan sehingga 3 Ranperda ini dapat segera disahkan menjadi Peraturan Daerah.

Pada akhir rapat tersebut, Wakil ketua DPRD Gorut Lukman Botutihe menyerahkan 3 ranperda ini kepada Bupati Gorut disaksikan seluruh Anggota DPRD, Pimpinan OPD yang hadir pada rapat itu.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top