PKK Kabgor Kembali Gelar Lomba Cipta Menu B2SA - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

PKK Kabgor Kembali Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Tim Penggerak PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Gorontalo di Gedung Kasmat Lahay, Rabu (01/08). Lomba tersebut diikuti seluruh anggota TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Gorontalo.

Seluruh peserta pun diminta untuk menghidangkan menu kreasi dan inovasi hasil bumi di Kabupaten Gorontalo dengan tampilan menarik serta mengerti filosofi dari makanan khas gorontalo tersebut.
Ketua TP PKK, Vory Naway mengaku senang dan bangga kepada ibu-ibu PKK yang telah ikut serta berkreasi, menciptakan berbagai menu, makanan dan minuman yang B2SA yang dulunya dikenal dengan empat sehat lima sempurna. Setelah mencicipi makanan bersama Asisten III, Hen Restu dan Chef Juri kemudian langsung dilakukan penilaian menu makanan.

“Dalam segi penilaian bukan dilihat dari penampilan menunya saja, tetapi cita rasa, kualitas, inovasi dan kreasi menunya juga bagian kriteria penilaian lomba ini,” Ujar Vory

Vory mengatakan, kegiatan menu makanan tradisional seperti ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Dinas Ketahanan Pangan dan TP-PKK Kabupaten Gorontalo.

“Dari kegiatan tingkat Kabupaten ini kita sangat berharap banyak, karena jika terpilih akan melanjutkan ke tingkat provinsi. Akan tetapi, sebelum masuk ditingkat provinsi akan dilakukan pembinaan tambahan bagi para pesertanya,” katanya.

Sebelumnya, juara menu khas gorontalo ini dimenangkan oleh ibu-ibu PKK dari Kecamatan Telaga, lalu sekarang juara pindah PKK Kecamatan Boliyohuto. Vory menambahkan, penyajian makanan khas seperti ini jangan nanti pada pelaksanaan penilain atau mengikuti lomba saja. Tetapi juga harus dihidangkan oleh ibu-ibu PKK kepada siapa saja tamu dari luar daerah yang berkunjung dimasing-masing kecamatan. Hal itu sebagai bentuk promosi menu tradisional kita agar bisa mudah cepat dikenal.

Sementara itu Asisten III, Hen Restu menjelaskan Lomba Cipta Menu ini berbasis sumber daya lokal dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

Ia berharap, TP PKK khusunya peserta lomba dapat berkreasi lebih dalam menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top