Komisi III Rampungkan Pembahasan Ranperda Limbah Domestik – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Komisi III Rampungkan Pembahasan Ranperda Limbah Domestik

wakil ketua komisi iii dprd kabupaten gorontalo syam t. ase. foto: even

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo melalui Komisi III menggelar rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik bersama jajaran Dinas PU-PR, Dinas Lingkungan Hidup dan Bagian Hukum Kabupaten Gorontalo di Aula Dulohupa, Senin (30/7/2018).

Salah satu poin yang menjadi perhatian dalam pembahasan Ranperda ini adalah tentang kewajiban melaporkan untuk ijin lingkungan, pengelolaan limbah B3, dan pembuangan air limbah.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabgor, Syam T Ase, selama ini sanksi bagi yang tidak melaporkan hanya sebatas sanksi administrasi berupa teguran dari pemerintah. Hal ini dinilai tidak maksimal, karena tidak menimbulkan efek jera bagi pelaku.

“Seharusnya bagi pelaku harus ada sanksi denda administrasi agar ada efek jera. Jika perlu di berlakukan pencabutan izin bagi yang keras kepala,” ungkap politisi Partai Persatuan Pembangunan ini.

Ranperda ini juga memuat tentang bagaimana cara pemerintah menangani permasalahan pengelolaan air limbah domestik, termasuk didalamnya soal penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan.

Ranperda ini juga telah mendapat persetujuan dari Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo untuk segera ditindaklanjuti dan diperdakan. “Yang terakhir tinggal dilakukan finalisasi, serta menunggu waktu diperdakan,” jelas aleg dari dapil Batudaa cs ini.

Sam berharap agar Ranperda yang telah selesai dibahas tersebut nanti benar-benar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya oleh pemerintah serta dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Gorontalo, M. Rahmat mengungkapkan bahwa ranperda tersebut sangat penting, mengigat dalam ranperda itu mengatur tentang pengelolaan limbah yang dapat berdampak positif bagi lingkungan hidup.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top