Kemarau Panjang, Petani di Kabupaten Gorontalo Gagal Panen – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Kemarau Panjang, Petani di Kabupaten Gorontalo Gagal Panen

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Musim kemarau yang melanda petani di wilayah Kabupaten Gorontalo sejak 2 bulan terakhir, mulai berdampak pada tanaman milik para petani, khususnya petani sawah. Sebagian petani di Kabupaten Gorontalo mengalami gagal panen gara-gara kekurangan pasokan air. Hal ini membuat padi yang mereka tanam tumbuh tidak sempurna.

Menurut Karman, salah seorang petani di Desa Pone, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, mengaku bahwa dampak dari kemarau panjang ini mulai dirasakan para petani sejak 2 bulan terakhir. Dimana banyak padi yang mati. Para petani di desa tersebut terpaksa memanen padi lebih awal, meskipun padi tersebut belum menguning atau belum layak untuk dipanen.

“Gagal panen ini nanti pada musim tanam kedua, selain kekeringan, hama pun ikut menyerang padi kami. Jadi kami hanya bisa pasrah,” ujar Karman.

Kegagalan panen kali ini menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagi para petani di Kabupaten Gorontalo. Mereka berharap agar pemerintah bisa memberikan solusi yang tepat atas kondisi tersebut.

Menanggapi permasalahan yang dialami oleh para petani di Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson Pomalingo mengungkapkan bahwa dirinya telah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk segera mencarikan solusi atas persoalan itu.

“Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Pertanian untuk mencarikan solusi itu, Cara gimana? Perbaikan saluran air, lalu pengairan dari irigasi ditata lagi.” Ungkap Nelson saat ditemui usai meletakan batu pertama di Masjid Mujahidin Kecamatan Dungalio, Minggu (29/7/2018).

Nelson menambahkan bahwa terjadinya kekeringan tersebut diakibatkan oleh pergantian iklim. Dan jika kekeringan tersebut bertahan lama, kata Bupati Nelson, bisa jadi solusi lainnya adalah dengan mengganti padi sawah dengan tanaman palawija, seperti kacang hijau, kedelai, jagung atau umbi umbian, yang dapat tetap hidup saat musim kemarau.

Nelson juga menegaskan secepatnya pemerintah akan mencarikan solusi terkait persoalan gagal panen yang melanda sebagian petani di Kabupaten Gorontalo.

PENULIS: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top