Ini Syarat Calon Wabup Kabgor Menurut Ketua MP PPP Prov. Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Ini Syarat Calon Wabup Kabgor Menurut Ketua MP PPP Prov. Gorontalo

alterntif text

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Siapakah kandidat yang akan menjadi pendamping Nelson Pomalingo dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Gorontalo?. Hingga saat ini, belum ada figur yang benar-benar menguat ke permukaan untuk menjadi pasangan dari mantan rektor di 2 (dua) universitas besar di Provinsi Gorontalo ini.

Meski demikian, Ketua Majelis Pertimbangan DPW Partai Persatuan Pembangunan Provinsi Gorontalo, Abdulah Karim mengungkapkan 3 (tiga) syarat bagi figur calon Wakil Bupati Gorontalo. Menurut politisi senior Gorontalo yang akrab disapa Abkar ini, seorang figur calon Wakil Bupati Gorontalo tidak boleh berfikir atau berkeinginan untuk menjadi Bupati di periode pemerintahan saat ini. Hal ini kata Abkar, akan mengakibatkan kerancuan dalam tubuh pemerintahan di Kabupaten Gorontalo.

Syarat kedua, kata Abkar, seorang Wakil Bupati harus dapat memahami data manajemen tata aturan pemerintahan berdasarkan perundang-undangan, serta mampu membaca struktur APBD.

Untuk syarat ketiga, sambung Abkar, seorang wakil bupati harus menjadi pelindung bagi Bupati dari gangguan internal maupun eksternal. “Selain itu seorang wakil bupati harus dapat mem-back up bupati dari segala hal terkait pemerintahan,” jelas mantan petinggi Partai Amanat Nasional ini saat ditemui Republikpos di salah satu warkop di Kabupaten Gorontalo, Sabtu (28/7/2018).

Jika tiga kriteria tersebut dipasang dan menafikan kepentingan dua partai pengusung, kata Abkar, dirinya sangat yakin roda pemerintahan di Kabupaten Gorontalo akan berjalan dengan baik. “Asalkan kedua partai pengusung ini sepakat dulu,” Ujar Abkar.

Sementara terkait dengan isu kandidat wakil bupati dari kalangan birokrasi, Abkar mengungkapkan hal itu dapat diterima. Namun keputusan dikembalikan lagi ke dua partai pengusung, yakni PPP dan Demokrat.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top