Di Kabgor Akan Ada Larangan Siswa Gunakan Gadget Disekolah - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Di Kabgor Akan Ada Larangan Siswa Gunakan Gadget Disekolah

ilustrasi siswa dan gadget. foto: Image Source

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam waktu dekat segera keluarkan Perda/Perbup atas larangan pengunaan Gadget di sekolah. Hal ini dinilai mendesak, karena kebanyakan siswa-siswi yang salah dalam mengunakan ponsel pintar atau gadget saat berada dilingkungan sekolah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Gorontalo, Azis Nurhamidin mengatakan, perbup itu sementara dalam perumusan, dan dalam waktu dekat akan segera diterbitkan.

Menurut Azis siswa di Kabupaten Gorontalo belum sepenuhnya memahami secara benar bahaya menggunakan ponsel (gadget). Namun penggunaan perangkat komunikasi canggih ini sudah semakin menjamur hingga ke tingkat siswa sekolah dasar. Hal ini menurut matan Kabag Humas Pemkab Gorontalo ini mengundang keprihatinan. Pasalnya usia mereka dinilai belum pantas untuk menggunakan perangkat seperti itu (gadget).

“Mereka masih anak-anak yang masih membutuhkan pengawasan mengunakan teknologi ini.

Dari pandangan kesehatan sangatlah jelas, ponsel bisa mengganggu daya nalar anak-anak, sehingga tidak bisa berpikir kritis analisis, karena telah dimanjakan oleh teknologi.” ujar Azis.

Selain itu, kata Azis, dasar akan dikeluarkannya Perbup ini, karena akses siswa mengunakan gadget dalam mengakses media sosial sudah tidak terkontrol lagi. Untuk itu melalui Diskominfo terus melakukan sosialisasi tentang pengunaan internet sehat yang ada disekolah-sekolah dan ditindak lanjuti dengan adanya aturan atau regulasi yang secara resmi akan diterbitkan oleh pemerintah daerah.

“Pengawasan guru disekolah belum terlalu maksimal, ini terlihat dengan guru yang tidak mengetahui konten apa-apa saja yang telah diakses oleh siswa tersebut.” jelasnya

“Oleh karena itu pemerintah mengambil langkah ini, guna menciptakan suasana belajar yang efektif serta sebagai kepedulian pemerintah dalam melindungi generasi penerus bangsa,” sambung Azis.

Penerapan aturan baru ini, pihak sekolah ataupun Satpol PP akan melakukan razia serta pengawasan pada penggunaan ponsel di sekolah pada jam belajar. Jika masih ketahuan maka akan mendapatkan sanksi.

“Konsep ini bagian dari langkah antisipatif pemerintah untuk seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Gorontalo, untuk menyelamatkan kehidupan mereka di masa depan,” Jelas Azis,

Sehingga bukan hanya pemerintah dan guru saja yang melakukan pengawasan atas pengunaan gadget, tapi pemerintah juga berharap ada peran aktif orang tua siswa terkait hal tersebut.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top