14 Warga Gorut Ikut Program Magang Kerjasama Pemda Dengan PT Panasonic - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

14 Warga Gorut Ikut Program Magang Kerjasama Pemda Dengan PT Panasonic

alterntif text

GORUT (REPUBLIKPOS) – Sebanyak 14 warga di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, lulus seleksi Tenaga Kerja Magang (TKM) melalui program kerjasama pemerintah dengan PT. Panasonic Manufaturing Jakarta.

Mereka saat ini siap diberangkatkan untuk diseleksi dan dibekali oleh PT. Panasonic. Pengumuman kelulusan itu dilakukan pada Senin, (23/7/2018) yang dirangkaikan dengan apel kerja rutin di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) GorontalO Utara. Apel itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Sofyan Djaidjun.

Sofyan menyampaikan selamat kepada masyarakat yang telah terpilih. Mereka yang lolos merupakan himpunan dari 11 kecamatan yang tersebar di daerah itu. Setelah diberangkatkan ke Jakarta, mereka akan ditempa pelatihan dan magang selama enam bulan lamanya.

“Mudah-mudahan dalam enam bulan kedepan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan kompotensi, pengetahuan serta pengalaman dalam bekerja,” ungkap Sekda usai apel.

alterntif text

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans Gorontalo Utara, Efendy Mobilingo menjelaskan, magang itu merupakan program Bupati Indra Yasin guna meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia serta menekan angka kemiskinan dan pengangguran di daerah.

Sebelum terpilih 14 masyarakat, pemerintah telah membukan pendaftaran selama satu bulan lamnya. Sosialisasi pendaftaran itu diumumkan lewat media cetak maupun elektronik. Sebanyak 20 pendaftar yang diseleksi, sehingga menyisahkan yang saat ini akan diberangkatkan.

“Memang animo masyarakat untuk mengikuti program ini masih sangat minim. Padahal kami telah melakukan sosialisasi. Dari hasil seleksi dilihat lebih didominasi oleh masyarakat usia produktif, yakni masyarakat yang hanya berpendidikan SMA sederajat. Dan nantinya 14 orang peserta ini akan ditempa dengan pelatihan dari pihak perusahaan Panasonic kurang lebih 6 bulan. Mereka pun akan dibiayai oleh pihak perusahaan setiap bulannya, disediakan tempat tingga, dan pada akhir bulan pelatihan para peserta akan diseleksi dan di tes kembali untuk melanjutkan magang di Negara Jepang,” pungkas Kadis Nakertrans Gorut.(*)

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top