Dorong Laju Perekonomian, Pemkab Gorontalo Fokus Bangun Infrastruktur Penunjang di Desa - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Dorong Laju Perekonomian, Pemkab Gorontalo Fokus Bangun Infrastruktur Penunjang di Desa

alterntif text

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Untuk mendorong laju perekonomian daerah, Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini gencar membangun infrastruktur penunjang transportasi di pedesaan. Salah satu yang menjadi fokus dari Pemkab Gorontalo saat ini adalah peningkatan ruas jalan di desa-desa.

“Modal utama membangun daerah adalah dengan terus mendorong pembangunan infrastruktur melalui desa.” ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo kala mencanangkan pelaksanaan pekerjaan proyek peningkatan ruas jalan Dulamayo Selatan – Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Minggu (22/7/2018).

Wilayah Dulamayo sendiri, kata Nelson, adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi bagi peningkatan perekonomian daerah, diantaranya Pariwisata, Pertanian, dan Perkebunan. “Untuk itu sangat dibutuhkan adanya peningkatan infrastruktur agar dapat memaksimalkan potensi-potensi tersebut,” kata Bupati Nelson.

Di tahun 2018 ini, kata Nelson, Pemerintahannya memprioritaskan pada pembangunan jalan untuk konekfitas 6 desa. Dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2019 mendatang.

alterntif text

“Jabatan saya masih ada 2 tahun lebih lagi, Insya Allah sebelum habis masa jabatannya saya, saya tuntaskan itu. Termasuk jalan di Desa Olobua dan wilayah-wilayah terpencil lainnya.” tegas Nelson

Proyek pekerjaan peningkatan ruas jalan Dulamayo cs ini, akan menelan anggaran lebih dari 14 milyar rupiah. Kepala Dinas Pekerjaan Umur dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Gorontalo, Rahmat Doni Lahati, menjelaskan bahwa peningkatan ruas jalan di Dulamayo cs tersebut akan menggunakan rabat beton. Hal ini disebabkan oleh kondisi struktur tanah yang labil.

“Untuk wilayah tertentu seperti Dulamayo CS, pekerjaan jalan dilakukan dengan menggunakan jenis Rabat Beton hal ini dikarenakan struktur tanah yang masih labil atau tidak biasanya seperti jalan-jalan lain. Namun tidak menutup kemungkinan juga kita akan aspal untuk bagian jalan yang datar apabila hal itu memungkinkan secara struktur,” Jelasnya.

Doni berharap, masyarakat sekitar dapat membantu serta mengawasi pelaksanaan pekerjaan jalan secara bersama-sama pemerintah. Sebelumnya, pada Sabtu (21/7) Bupati Gorontalo ini juga telah meresmikan pekerjaan ruas jalan yang berada di Kecamatan Tolangohula dengan total anggaran kurang lebih 10 milyar rupiah.

PENULIS: Even Makanoneng

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top