E SAMSAT Resmi Diluncurkan di Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

E SAMSAT Resmi Diluncurkan di Gorontalo

alterntif text

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Elektronik Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (E-SAMSAT) resmi dilaunching Gubernur Gorontalo Drs. Rusli Habibie, M. Ap. Dengan diluncurkannya E-Samsat ini, masyarakat jadi lebih mudah membayar pajak kendaraan.

Hadirnya E-SAMSAT ini diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat untuk membayar pajak. Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu mendatangi kantor SAMSAT, bahkan hari liburpun masyarakat dapat membayar pajak.

“Alhamdulillah tercapai juga rencana kami selama 6 bulan ini, untuk membuat pelayanan terbaik, termurah dan termudah yaitu pelayanan kepada pembayar pajak” ucap Gubernur Rusli Habibie.

Sistem E-SAMSAT ini, kata Rusli telah ada didaerah lain, dan atas referensi dari KPK, Pemerintah Provinsi Gorontalo segera mengadopsi sistem tersebut.

“Referensi dari KPK harus ada 3 bank, hanya saja kita pakai 2 bank dulu dan memberi kesempatan itu kepada Bank BRI dan Bank SULUTGO. Bahkan kami telah berencana untuk melibatkan bentor, grab dan gojek untuk proses pengantaran hasil pembayaran pajak” imbuh Rusli Habibie.

alterntif text

Saat ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak kurang lebih 80%, yakni kurang lebih 331 miliyar, dan setiap hari kecuali hari libur bisa 250 juta rata-rata.

Untuk lebih mendukung sistem ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membuat kebijakan yang dapat mempermudah pembayar pajak.

“Saya sudah buat kebijakan lewat PERGUB, kendraan yang pindah atau balik nama tidak perlu bayar pajak lagi, untuk lebih mempermudah dan membantu masyarakat” jelas Gubernur dari Partai Golkar ini.

Mantan Bupati Gorontalo Utara ini berharap dengan hadirnya E SAMSAT, tidak ada lagi masyarakat yang menunggak pembayaran pajaknya hingga bertahun-tahun.

Pada acara launching E-SAMSAT ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi Gorontalo, Polda Gorontalo, Jasa Raharja, Bank BRI dan Bank SULUTGO.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Gubernur Gorontalo, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Walikota Gorontalo dan seluruh pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo.

PENULIS: Moh. Afandi

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top