Aleg Gorut Kembali Warning Soal Realisasi DAK – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Aleg Gorut Kembali Warning Soal Realisasi DAK

REPUBLIKPOS.COM, Gorut – Aleg PPP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Salim Angio menegaskan kepada pemerintah daerah melalui Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk dapat memperhatikan serapan serta realisasi anggaran terutama yang bersumber darai Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut Salim, dalam pengelolaan DAK ada aturan dan ketentuannya tersendiri, sehingga OPD yang memiliki program yang sumber anggarannya dari DAK dapat memperhatikan progres program tersebut. “Aturan dan ketentuan pengelolaan DAK sangat ketat, juknis pelaksanaan program juga sangat jelas termasuk terhadap sanksi yang akan diberlakukan terhadap pelaksanaan DAK jika tidak sesuai” ungkapnya.

Salim berharap, para OPD untuk dapat memenuhi apa yang menjadi aturan dan ketentuan dari pengelolaab DAK tersebut yang pada tanggal 21 Juli 2018 ini harus sudah terserap 25 persen atau paling tidak dokumen kontraknya telah ditandatangani. “Kami berharap, pengalaman yang terjadi tahun-tahun kemarin tidak akan terjadi lagi pada tahun anggaran yang berjalan ini” tegas Salim.

Loading...

Sementara itu, Plt Kabag Pembangunan Haris Latif mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh OPD dalam memacu pelaksanaan program, “Untuk DAK masih sementara berproses dan kami berharap pada 21 Juli semuanya sudah selesai ditandatangani dokumen kontraknya” terang Haris.

Secara keseluruhan untuk pengelolaan DAK yang terus berproses hingga saat ini sudah mencapai 92 proses, “Itu ada yang telah selesai dilelang, ada juga yang sementara berproses dan ada yang baru tayang” kata Haris.

Namun demikian, Haris menegaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dan mendorong agar para OPD untuk terus memprogres realisasi program dan serapan anggaran. “Karena untuk DAK tersebut sanksinya sangat tegas dan ekstrim, dan kami berharap agar Kabupaten Gorut tidak mendapatkan sanksi tersebut” pungkasnya.

PENULIS: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top