DPR Gorut Kembali Soroti Pengelolaan Dana Desa – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

DPR Gorut Kembali Soroti Pengelolaan Dana Desa

REPUBLIKPOS.COM, Gorut – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dari Fraksi PPP, Arsad Ali menegaskan sekaligus mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa terutama Kepala Desa (Kades) untuk dapat memperhatikan pengelolaan dana desa serta realisasi program.

Termasuk juga kata Arsad untuk pemerintah kecamatan, khususnya para camat agar dapat memperhatikan dalam memberikan rekomendasi terhadap setiap desa yang akan mencairkan dana desa.

Menurut Arsad, pihaknya di DPRD Kabupaten Gorut mulai banyak mendapatkan laporan terkait dengan pengelolaan dana desa. “Sudah ada beberapa laporan yang kami terima dan banyak juga baru sekedar informasi yang masuk terkait dengan pengelolaan dana desa tersebut” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arsad mengatakan bahwa ada dana desa yang pengelolaannya pada tahun 2017 kemarin, namun belum selesai hingga tahun 2018 ini.

“Informasi tersebut telah masuk ke kami di DPRD. Ada beberapa desa yang pekerjaannya tahun 2017 belum selesai dan tidak ada lanjutan hingga saat ini” terangnya.

Ada juga informasi lainnya kata Arsad dimana laporan dana desa yabg tadinya tidak mendapatkan rekomendasi dari camat namun setelah beberapa lama kemudian, tandatangan camat telah ada.
“Padahal camat tersebut tidak merasa menandatangani berkas dana desa tersebut” kata Arsad.

Arsad kembali menegaskan bahwa dana desa tersebut digunakan untuk membangun desa yang programnya berdasarkan kebutuhan masyarakat, “Yang dirapatkan secara bersama sebelum penyusunan program. Yang kemudian hasil rapat tersebut disusun menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)” tegasnya.

Untuk itu, BPD juga diharapkan untuk dapat berperan aktif dalam mengawasi setiap pelaksanaan pengelolaan dana desa “Semuanya demi kemaslahatan masyarakat desa. Dan terhadap persoalan ini juga tentu menjadi perhatian para wakil rakyat” pungkasnya.

REPORTER: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top