Aleg Gorut Warning OPD Soal Serapan Anggaran – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Aleg Gorut Warning OPD Soal Serapan Anggaran

REPUBLIKPOS.COM, Gorut – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) melalui Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) diingatkan kembali untuk dapat memperhatikan serapan anggaran dan juga realisasi program kerja di masa triwulan III ini.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorut, Djafar Ismail saat ditemui oleh awak media beberapa waktu lalu. Apalagi, kata Djafar, saat ini sudah memasuki pada semester dua atau triwulan ketiga pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, harusnya serapan angaran jika dilihat denga waktu yang ada saat ini posisinya sudah lebih dari lima puluh (50) persen.

“Sehingga sangat diharapkan OPD untuk dapat memperhatikan realisasi serapan anggaran pada tahun yang berjalan ini agar sesuai dengan target. Dan untuk kinerja para OPD diharapkan agar dipacu lagi” ujar Djafar.

Selain itu pula, Djafar meminta agar ada keseriusan dalam menangani proyek pekerjaan yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), terutama terkait aturan dan mekanisme yang harus diperhatikan. “Mengingat dalam pengelolaan dan pemanfaatan DAK tersebut ada aturan dan ketentuan yang menyertainya, olehnya para OPD yang mengelola DAK diharapkan untuk dapat menseriusinya,” tegasnya.

Djafar juga mengingatkan bahwa di tahun sebelumnya dimana dana yang bersumber dari DAK tidak seluruhnya terserap. Sehingga dana yang seharusnya dimanfaatkan untuk rakyat itu harus dikembalikan ke pusat.

“Jika dalam pengelolaan DAK tidak sesuai dengan limit waktu yang ditentukan, maka anggaran tersebut akan kembali dan jika ini terjadi maka merupakan satu kerugian bagi daerah,” tandasnya.

Untuk itu, para OPD diharapkan agar segera saja memacu kinerja yang ada dan melakukan evaluasi terhadap pengelolaan DAK agar terhindar dari sanksi dan juga pengembalian anggaran ke pusat.

REPORTER: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top