Ranperda RZWP3K Provinsi Gorontalo Menunggu Pengesahan Mendagri – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Ranperda RZWP3K Provinsi Gorontalo Menunggu Pengesahan Mendagri

JAKARTA, Republikpos.com – Pemerintah provinsi Gorontalo menggelar rapat evaluasi terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (RZWP3K) di Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Hotel Fave, Jakarta Timur, Selasa (03/7).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ini turut dihadiri oleh unsur pimpinan DPRD serta pejabat Kementrian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta.

Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Ranperda terkait zonasi wilayah perairan ini sangat penting, mengingat hingga saat ini belum ada aturan yang mengatur terkait zonasi pantai di Gorontalo. Dari Ranperda ini, disepakati wilayah zonasi pantai di perairan Gorontalo yakni 12 Mil dari bibir pantai. “Ini sangat penting agar kita dapat mengatur zonasi pantai itu sampai dimana,” kata Gubernur dari Partai Golkar ini.

Loading...

Selain itu, Ranperda RZWP3K ini, kata Rusli, berfungsi sebagai landasan hukum dalam pemberian izin pemanfaatan kawasan pesisir dan pulau pulau kecil di daerah. Hal ini juga akan bermanfaat bagi para investor yang tertarik untuk berinvestasi di pulau-pulau kecil di Gorontalo.

“Saya juga sarankan agar ada kawasan konservasi dalam Ranperda tersebut. Supaya ikan-ikan disitu dilarang untuk dipancing. Ini akan sangat bermanfaat bagi para wisatawan yang senang diving untuk melihat ikan-ikan,” imbuh Rusli Habibie.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Hamid Kuna berharap Ranperda tersebut bisa segera disahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam sepekan ini.

“Tergantung dari evaluasinya, setelah itu paling cepat tiga atau empat hari dari sekarang.” tandas Hamid Kuna.

REPORTER: Widya Larasati

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top