Mendagri Lantik Pengurus APPSI – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Nasional

Mendagri Lantik Pengurus APPSI

Mendagri Tjahyo Kumolo saat melantik pengurus appsi. foto: Putra
alterntif text

JAKARTA, Republikpos.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin (2/7) resmi mengukuhkan pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Pengukuhan yang dihadiri para Gubernur se-Indonesia ini berlangsung di di Ruang Flores A Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Saat menyampaikan sambutan, Mendagri Tjahyo Kumolo berharap agar assosiasi yang dideklarasikan pada tanggal 6 Juni 2000 silam ini dapat lebih bermanfaat dan berkontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.

Salah satu tujuan dari assosiasi ini, kata Tjahyo adalah mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif dan bertangung jawab. Untuk itu, melalui APPSI ini, diharapkan dapat menjadi wadah interaksi para kepala daerah pada tingkat nasional, demi mewujudkan komitmen dalam membangun kerjasama, kemitraan yang saling menguntungkan, dan harmonis antar Pemerintah Provinsi maupun dengan pemerintah pusat.

“APPSI juga diharapkan mendukung cipta kondisi stabilitas politik dalam negeri atas penyelenggaraan pembangunan daerah yang kondusif,” ujar Mendagri.

Saat ini Ketua Umum APPSI dijabat oleh Gubernur Jatim Soekarwo untuk sisa masa bakti 2015-2019. Gubernur DKI sendiri Anies Baswedan dalam kepengurusan APPSI yang baru ini, menjabat sebagai Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesra. Posisi Waketum APPSI dijabat oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dan Ketua Bidang Hukum dan Pemerintahan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sendiri ditugaskan sebagai salah satu wakil yang betugas untuk mengkoordinir seluruh Gubernur se-Sulawesi.

“Alhamdulillah saya diamanahkan untuk menjadi salah satu wakil yang bertugas untuk mengkoordinir seluruh Gubernur se-Sulawesi. Insya Allah amanah ini dapat saya jalankan dengan baik,” ujar Gubernur Rusli Habibie yang ditemui usai pengukuhan pengurus APPSI.

REPORTER: Putra Uloly

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top