Pengembangan RS Ainun Habibie Melalui Skema KPBU Disetujui DPR – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pengembangan RS Ainun Habibie Melalui Skema KPBU Disetujui DPR

JAKARTA, Republikpos.com – Rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo membangunan Rumah Sakit Provinsi Hasri Ainun Habibie melalui kerjasama antara Pemerintah dengan investor atau badan usaha, mendapat persetujuan dari DPRD Provinsi Gorontalo.

Hal ini terungkap setelah sejumlah pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo mengikuti pemaparan akhir tentang skema bisnis atau Outline Business Case (OBC) dari konsultan Bappenas, di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (28/6).

“Saya kira tidak ada alasan bagi kita (DPRD.red) untuk menolak ini, dan kita sudah banyak diskusi dengan pak Gubernur soal rencana pembangunan rumah sakit ini. Kita juga sudah setuju dengan hal ini,” kata Jusuf yang ditemui usai pemaparan tersebut.

Tahapan OBC ini merupakan tahapan awal sebelum rencana bisnis tersebut ditawarkan kepada investor. Selanjutnya investor yang berminat akan melakukan uji kelayakan sebelum memutuskan untuk mendanai pembangunan RS Hasri Ainun Habibie.

Jika sudah ada kesepakatan oleh pihak investor, selanjutnya adalah pembentukan dan pendanaan pemprov untuk tim konsultan baru dalam menyusun Final Business Case (FBC) atau Kajian Akhir Prastudi Kelayakan, yang berfungsi sebagai panduan tentang mekanisme pembangunan dalam hal struktur organisasi, detail perencanaan pembangunan, pendanaan dan lainnya. Pemerintah Provinsi Gorontalo juga diharuskan menganggarkan 5 Milyar Rupiah untuk mendanai konsultan FBC.

“Ini sudah jauh-jauh hari kita setujui, karena itu adalah keharusan (dalam proses kerjasama KPBU). Kami juga setuju jika nanti ini berproses, maka akan ada Perda yang mengatur tentang mekanisme dan pendanaan rumah sakit,” jelas Paris.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan bahwa kehadiran anggota DPRD provinsi Gorontalo pada pemaparan tersebut memang perlu. Hal ini bertujuan agar DPRD sebagai wakil rakyat tahu, dan bisa mengsosialisasikan kepada masyarakat terkait mega proyek tersebut.

“DPRD sebagai wakil rakyat dari awal sudah kami hadirkan dan minta tanggapan-tanggapannya, agar setiap tahap itu mereka tahu dan ikut mendukung. Lebih penting lagi, mereka bisa menyampaikan kepada masyarakat jika ada pertanyaan tentang rencana ini,” ujar Gubernur Rusli.

Pemerintah Provinsi Gorontalo sendiri menargetkan tahun ini juga mega proyek pengembangan RS Provinsi Gorontalo Hasri Ainun Habibie sudah berjalan.

PENULIS: Putra Uloli

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top