Komisi II DPRD Gorut Agendakan Evaluasi Dana DAK - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Komisi II DPRD Gorut Agendakan Evaluasi Dana DAK

alterntif text

GORUT, Republikpos.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) akan melakukan evaluasi bersama para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan serapan anggaran terutama para OPD yang memiliki program yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gorut, Hitler Datau, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/6).

“Untuk agenda komisi II akan melaksanakan rapat evaluasi pekan depan bersama dengan para OPD yang memiliki program fisik terutama mereka yang mengelola DAK,” ungkapnya.

Hitler menegaskan bahwa pihaknya merasa khawatir dengan pengelolaan dana DAK yang ada saat ini, pasalnya serapan DAK hingga triwulan kedua akan berakhir masih belum ada progres yang berarti. “Jangan sampai kejadian tahun sebelumnya yakni sekitar Rp. 15 Milyar DAK yang kembali ke pusat akan terulang lagi bahkan dengan melihat kondisi yang ada saat ini dikhawatirkan jumlahnya akan lebih banyak lagi” tegasnya.

alterntif text

Sementara itu kata Hitler, untuk pengelolaan dana DAK tersebut sesuai dengan regulasi yang ada, pemerintah daerah harus memasukan laporan administrasi terhadap pengelolaan dana DAK paling lambat tanggal 21 Juli 2018. “Waktunya tidak cukup sebulan lagi, dan melihat progres yang ada saat ini tentu kami sanksi hal tersebut akan dapat dipenuhi” ujar Hitler.

Untuk itu, para OPD yang memiliki atau mengelola DAK harus proaktif dan menggenjot pelaksanaan progam yang dimiliki tersebut.

“Paling tidak pada akhir bulan Juni ini sudah ada tanda-tanda tindakan yang dilakukan paling tidak untuk proses tayang lelang atau tender, sehingga pada bulan Juli sudah ada dokumen kontrak. Jika tidak salah, untuk pengelolaan DAK, paling lambat bulan Juli sudah harus ada dokumen kontrak minimalnya” papar Hitler.

Olehnya kata Hitler pihaknya akan mengundang semua OPD mitra yang mengelola DAK untuk dievaluasi apa saja kendala atau hal lain yang menghambat pelaksanaan pengelolaan DAK tersebut.

PENULIS: Matris Salim

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top