Tancap Gas, DPRD Kabgor Bahas Sejumlah Agenda Tertunda - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Tancap Gas, DPRD Kabgor Bahas Sejumlah Agenda Tertunda

alterntif text

REPUBLIKPOS.COM, Limboto – Pasca libur lebaran, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo langsung menggenjot sejumlah agenda yang sempat tertunda karena ibadah ramadhan sampai libur lebaran kemarin.

Dari pantauan awak Republikpos.com, kemarin pimpinan DPRD langsung melakukan rapat pimpinan dan membahas sejumlah agenda, baik itu pelaksanaan pembahasan LHP serta tujuh rancangan peraturan daerah (Ranperda).

“Dimana sesuai kesepakatan hasil rapat badan musyawarah disepakati untuk agenda paripurna LHP baru akan dilakukan senin mendatang, mengingat banyaknya agenda yang akan dilakukan sehingga DPRD menyepakati untuk pembahasannya senin mendatang,” ungkap Ketua DPRD Sahmid Hemu.

Lanjut dikatakan Sahmid, memang selain agenda paripurna LHP juga ada beberapa pembahasan yang harus ditindaklanjuti kembali, mulai dari tata tertib yang merubah nomenklatur badan legislasi menjadi badan propemperda, karena hampir diseluruh DPRD se Indonesia sudah merubah nama dari banleg menjadi bapemperda serta terkait dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang sudah disahkan sebelum buan ramadhan kemarin.

“Pasalnya memang ada ranperda terkait produk hukum tetapi berhubung baddan legislasi berubah, sehingga harus juga merubah nomenklatur terkait nama banleg menjadi bapemperda,” jelas Aleg dua peride ini.

alterntif text

Lanjut dikatakan politisi PDIP ini, selain itu juga dalam rapat pimpinan kemarin juga dibahas agenda pembahasan tujuh ranperda baik usul inisiatif DPRD maupun usul inisiatif pemerintah daerah, setidaknya ada tujuh ranperda yang harus dibahas yakni, tiga ranperda usul inisiatif DPRD serta lima ranperda usul inisiatif pemerintah daerahyang baru disetujui pembahasannya oleh DPRD memang tak membentuk pansus tetapi diserahkan pembahasannya dimasing-masing komisi sesuai dengan tupoksinya, untuk ranperda perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan dibahas dikomisi l, tiga ranperda tentang pajak parkir, pajak air bawah tanah dan perubahan kedua atas perda nomor 3 tahun 2012 dibahas oleh komisi ll dan penyelenggaraan pengolahan air limbah domestik dibahas oleh komisi lll.

“Disamping itu pula masih ada beberapa agenda penting lainnya, disamping itu rumah aspirasi DPR Kabgor akan kembali eksis dengan beberapa aspirasi warga, yang jelas segala kesibukan dan aktivitas DPR akan kembali mewarnai komisi yang ada,” jelas Aleg dapil Tibawa-Pulubala ini.

Diakui Sahmid, memang kemarin sudah masuk tetapi belum efektif, sehingga baru senin ini sejumlah agenda dilakukan mulai dengan rapat pimpinan terlebih dahulu dilanjutkan dengan menerima sejumlah aspirasi hingga rapat dengar pendapat terkait persoalan pelaksanaan penyedia barang dan jasa bersama ULP, Pokja lll dan Dinas PU.

“Sehingganya saya berharap, mulai senin kemarin memang kami sudah kembali mengoptimalkan semua pekerjaan yang tertunda, karena banyak agenda yang harus dikejar dan dibahas agar tepat sesuai waktunya,” pungkas aleg dua periode ini.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top