Sajian Ketupat Di Gorontalo Pecahkan Rekor MURI - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Sajian Ketupat Di Gorontalo Pecahkan Rekor MURI

alterntif text

LIMBOTO, Republikpos.com – Perayaan Hari Raya Ketupat di Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/6) kemarin, menjadi momen tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo. Dimana pada lebaran ketupat di Desa Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo berhasil mencetak rekor baru dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan sajian ketupat terbanyak.

Seluruh ketupat yang disediakan dari pukul 05:30 pagi tersebut dihitung secara manual oleh Tim dari MURI. Setelah melalui perhitungan yang teliti akhirnya mendapatkan jumlah ketupat sebanyak 34.331 buah.

Sebelumnya pada Tahun 2012 silam, Museum Rekor Indonesia pernah mencatat rekor ketupat terbanyak di Jakarta, dengan total jumlah ketupat 3000 buah. “Tapi hari ini lahir rekor baru yang dicacat oleh Muri, dengan jumlah ketupat 34.331 buah. Suatu prestasi yang besar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo,” ujar Triono setelah menyerahkan Piagam kepada Wakil Gubernur Idris Rahim.

Lebih lanjut Triono menyampaikan, bahwa rekor ketupat tersebut, sebelumnya diajukan oleh panitia sebagai rekor nasional, namun oleh dewan MURI rekor tersebut dicatat sebagai rekor dunia. “Oleh karena itu, kami menyerahkan piagam bukan rekor Indonesia tapi sebagai rekor dunia.” tukasnya.

Meski berhasil memecahkan rekor MURI, namun capaian tersebut masih mendapat kritik dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Menurut orang nomor satu di Provinsi Gorontalo ini bahwa seharusnya pihak panitia mampu menyajikan 40.400 buah ketupat pada lebaran ketupat tahun ini.

“Saya kurang puas dengan hasil ini, terutama kepada Kadis Pariwisata. Lalu penyampaian kepada saya jumlahnya lebih tapi kenyataanya setelah dihitung ternyata kurang. Mungkin juga sebelum dihitung sudah ada yang makan,” ujar Gubernur Rusli Habibie.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top