Ragam Even Meriahkan Lebaran Ketupat di Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Ragam Even Meriahkan Lebaran Ketupat di Gorontalo

LIMBOTO, Republikpos.com – Setiap hari ke-7 Idul Fitri, oleh masyarakat Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo selalu dirayakan dengan menggelar lebaran ketupat. Tradisi inipun sudah menjadi agenda tahunan masyarakat Kabupaten Gorontalo. Untuk lebih memeriahkan gelaran tradisi ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar berbagai even, diantaranya lomba pacuan kuda, karapan sapi dan kuda gerobak, dengan memperebutkan Piala Gubernur Gorontalo yang berlangsung di Gelanggang Pacuan Kuda Desa Yosonegoro Kabupaten Gorontalo.

Mewakili Ketua Panitia Hendra Hemeto, Usman Moonti mengatakan, pelaksanaan kejuaraan pacuan kuda dan sapi ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 22 Juni sampai 24 Juni 2018, dengan diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah termasuk peserta dari luar Provinsi Gorontalo, diantaranya Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

“Untuk hari ini, Jum’at (22/6), perlombaanya hanya tiga putaran dengan jarak fariasi, jarak 800 meter,1000 dan 1200 meter. Sedangkan untuk jarak 600, 800, 1400 dan 1600 nanti dilaksanakan pada besok hari.” ujar Usman.

Gelaran lomba pacuan kuda dan karapan sapi ini, selalu menarik antusias ribuan warga berbagai daerah untuk hadir menyaksikan perlombaan tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Idris Rahim saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa di lebaran ketupat yang menjadi tradisi masyarakat Yosonegoro ini adalah gambaran bahwa masyarakat ini sangat terbuka dalam menjalin tali silaturahmi, dimana disetiap rumah warga selalu menyediakan berbagai sajian kuliner yang semuanya gratis untuk masyarakat yang datang.

Idris berharap agar kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan pariwisata di Provinsi Gorontalo ini terus terjaga dan dikembangkan. “Semua ini merupakan tradisi yang baik dan harus terus dijaga serta ditumbuh kembangkan dimasa-masa akan datang.” ucap Idris Rahim.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top