KPU Gorut Finalisasi Logistik Pilkada – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

KPU Gorut Finalisasi Logistik Pilkada

Logisitik Pilkada yang telah dikemas oleh para petugas untuk didistribusikan ke PPK secara berjenjang hingga ke TPS.

GORUT, Republikpos.com – Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak Kamis (21/6) kemarin sore mulai melakukan pengecekan akhir terhadap kesiapan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) tahun 2018 yang pelaksnaannya pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dibawah komando komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorut, Fardhan Labanga, para PPK Pilkada tersebut ulai mengecek satu persatu logisitik Pilkada yang telah diletakan dalam kotak suara oleh petugas sebelumnya.

Para PPK tersebut juga dibantu oleh staf sekertariat KPU Kabupaten Gorut dalam mengecek kelengkapan seluruh logisitik suara untuk setiap kotaknya. Dilengkapi dengan daftar pada selembar kertas, setiap PPK kemudian mengecek mulai dari jumlah surat suara yang akan digunakan nantinya, kemudian surat suara cadangan semua dicek dan dihitung kembali jumlahnya apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum.

Tidak hanya itu saja, sampul yang nantinya akan digunakan untuk mengemas surat suara yang telah digunakan baik surat suara yang rusak dan lainnya juga tidak luput dari pengecekan. Begitu juga dengan logistik lainnya yakni paku yang akan digunakan untuk mencoblos, berikut juga bantalnya. Tinta dan juga hologram serta berbagai macam formulir sesuai dengan kebutuhannya semua dicek satu persatu. Untuk setiap logisitik yang telah selesai dicek kemudian disendirikan untuk selanjutkan akan disegel dan siap untuk didistribusi.

Fardhan menjelaskan disela-sela kesibukannya bersama para PPK dalam melakukan finalisasi pengecekan tersebut mengatakan bahwa proses pengecekan akhir ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kekuarangan logisitik Pilkada yang akan didistribusikan nanti pada tanggal 24-26 Juni 2018.

“Semua kami cek kembali berdasarkan list atau daftar yang ada. Satu persatu di cek mulai dari surat suara, tinta, paku dan logistik lainnya bahkan terhadap jumlahnya juga kami hitung kembali agar benar-benar jumlahnya sesuai” ungkapnya.

Pengecekan akhir tersebut dipastikan akan selesai pada Jumat besok (hari ini, red) dan soreh harinya seluruh logisitik Pilkada yang telah dipaking dalam kotak suara akan dilakukan penyegelan pada bagian atas yang berlubang tempat memasukan surat suara dan juga penyegelan untuk gemboknya. “Besok (hari ini, red) sore pasti telah selesai disegel semuanya, dan selanjutnya tinggal menunggu hari pendistribusian” tegasnya.

Logistik Pilkada untuk beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di daerah khusus seperti Desa Dudepo Kecamatan Anggrek, empat (4) desa yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan dan 1 TPS yang ada di Desa Mutiara Laut Kecamatan Mutiara Laut kata Fardhan itu langsung dikemas secara khusus “Logistik untuk daerah tersebut akan dikemas dalam wadah plastik yang besar agar tidak mudah terkena air karena harus menyeberang laut, serta daerahnya sulit untuk dijangkau” tandasnya.

PENULIS: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top