Pulau Saronde dan Oile Semakin Diminati Wisatawan - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pulau Saronde dan Oile Semakin Diminati Wisatawan

“Selama masa libur lebaran jumlah pengunjung mengalami peningkatan signifikan.”

GORUT, Republikpos.com – Bagi sebagian kalangan, masa libur lebaran dimanfaatkan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata. Di Provinsi Gorontalo sendiri banyak destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal, domestik, atau manca negara.

Salah satunya adalah wisata kepulauan di Gorontalo Utara. Di daerah ini ada 2 pulau yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata andalan daerah ini. Yaitu Pulau Saronde dan Pulau Oile. Pulau ini sendiri menawarkan berbagai keindahan alamnya yang masih terjaga dan sangat pas bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam dan pantai.

Selama libur lebaran, atau pasca Hari Raya Idul Fitri, baik Pulau Saronde maupun Pulau Oile banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selama kurun waktu 3 pekan, tercatat sekitar 1300 wisatawan domestik yang datang berkunjung ke Pulau Saronde. Sementara untuk wisatawan lokal, tercatat sekitar 2000 wisatawan yang datang ke pulau ini.

Dari informasi yang diterima dari pengelola pulau Saronde, mayoritas kunjungan berasal dari daerah Sulawesi Utara yang dalam sepekan terakhir jumlahnya mencapai 500 orang.

Melihat perkembangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bersama pihak investor akan terus mengembangkan potensi wisata dipulau Saronde sehingga menjadi kawasan destinasi periwisata yang memiliki nilai jual kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal.

“Pemerintah daerah sudah bekerjasama dengan pihak investor untuk mengembangkan pulau Saronde sehingga menjadi kawasan wisata terlengkap yang memiliki keindahan laut dan kenyamanan sebagai tujuan wisatawan terbesar di Provinsi Gorontalo.” ungkap PJS Bupati Gorontalo Utara Haris Hadju, disela-sela aktivitasnya, Selasa (19/6).

Apalagi, kata Haris, pulau Saronde sudah ditetapkan dan diakui oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai salah satu destinasi wisata nasional, dan ditetapkan sebagai kawasan persinggahan kapal pasiar dari luar negeri.
“Tentunya ini merupakan bagian dari kebanggaan masyarakat Gorontalo Utara secara umum dan tentunya yang paling utama adalah kehadiran wisatawan di pulau Saronde ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dampak terhadap peningkatan perekomian masyarakat sekitar.” jelasnya.

Haris berharap dengan pengelolaan secara profesional, pulau Saronde dapat menjelma menjadi destinasi wisata andalan di Provinsi Gorontalo.

PENULIS: Arif

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top