KPU Gorut Plenokan DPS Pemilu 2019 – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

KPU Gorut Plenokan DPS Pemilu 2019

GORUT, Republikpos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Minggu (17/06/2018) Telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dengan jumlah 84,268 pemilih yang jumlah pemilih laki-laki 42,557 dan pemilih perempuan 41,711.

Ketua KPU Kabupaten Gorut, Muardi Unusa usai pelaksanaan rapat pleno tersebut menjelaskan bahwa penetapan DPS Pemilu 2019 tersebut nantinya akan diumumkan kembali melalui PPS. “Sebelum nantinya menuju Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemuktahiran (DPSHP) yang selanjutnya akan dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019” Ungkap Muardi.

Lebih lanjut Muardi juga menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Gorut berharap dalam kurun waktu yang cukup panjang ini, masyarakat Kabupaten Gorut khususnya yang memiliki kepentingan agar kiranya dapat mengambil bagian dalam proses ini agar seluruh pemilih dapat terakomodir dalam DPT “Masyarakat diharapkan untuk dapat memberikan tanggapan, koreksi yang kemudian oleh KPU Kabupaten Gorut akan menjadi bahan evaluasi untuk menjadi akurat, akuntabel, komprehensif dalam melakukan perbaikan sebelum menjadi DPT” ujarnya.

Loading...

DPS Pemilu tersebut kata Muardi data awalnya dari DPT Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang kemudian menjadi DPS Pemilu 2019. “Makanya ada Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) yang proses pemuktahirannya dari DPT Pilkada ke DPS Pemilu” urai Muardi.

Berbicara Pemilu kata Muardi, DPT Pilkada belum menjadi data akhir karena masih akan ada pemuktahiran data lagi. Data pemilih sifatnya dinamis kata Muardi. Karena dalam satu daerah pasti ada penduduk masuk dan keluar. “Untuk itu kami berharap dalam melakukan perbaikan data pemilih nanti lebih update lagi. KPU juga menargetkan dalam proses DPT tidak akan bermasalah” tegasnya.

Dalam proses pemuktahiran data pemilih tersebut dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2019. Dan yang hadir dalam Rapat Pleno DPHP dan Penetapan DPS Pemilu 2019 tersebut dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorut, Kesbangpol Kabupaten Gorut, KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Provinsi Gorontalo, Panwas Kabupaten Gorut serta partai politik peserta Pemilu 2019.

PENULIS: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top