Jelang Idul Fitri, Pemkab Gorontalo Gelar Tonggeyamo – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Jelang Idul Fitri, Pemkab Gorontalo Gelar Tonggeyamo

Pelaksanaan tonggeyamo di rumah jabatan bupati gorontalo. foto: even makanoneng

LIMBOTO, Republikpos.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan adat Gorontalo, maka akan digelar Tonggeyamo atau sidang isbat dengan tata cara adat masyarakat Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan sejumlah pejabat berserta pemangku adat di Kabupaten Gorontalo, Kamis (14/6), melaksanakan tradisi Tonggeyamo, yang berlangsung di Aula Yiladia Rumah Dinas Bupati Kabupaten Gorontalo. Tradisi ini bertujuan untuk menetapkan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

Ditemui usai kegiatan tersebut, Nelson mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Gorontalo melaksanakan Idul Fitri besok, (Jumat 15 juni 2018). Hal tersebut juga sesuai dengan keputusan pemerintah pusat yang diumumkan oleh Menteri Agama RI melalui sidang Isbat di Jakarta, Kamis (14/6).

“Atas nama Pemerintah dan keluarga saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo. Marilah kita menyatukan keragaman kita, saling menghargai, bertoleransi dan bekerjasama untuk membangun daerah tercinta Kabupaten Gorontalo,” ungkap Nelson.

Untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri sendiri, kata Nelson akan dilangsungkan di Masjid Agung Baiturahman, Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Nelson juga menghimbau agar seluruh masyarakat kabupaten Gorontalo yang akan melaksanakan sholat Ied di Masjid Jami kecamatan dan Masjid Agung Baiturahman Limboto Kabupaten Gorontalo, agar supaya menjaga ketertiban dan keamanan, termasuk keamanan rumah masing-masing yang akan ditinggalkan saat sholat nanti.

Sekedar informasi, yang akan bertugas sebagai Khatib pada Sholat Ied di Masjid Baiturrahman kali ini adalah Kepala Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Gorontalo, Dr. Sabhara Kp Ngou. Sementara yang menjadi Imam adalah Hamid Naue.

PENULIS: Even Makanoneng

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top