Hadiri Tradisi Tumbilotohe, Dirjen Bimas Kemenag RI Mengaku Kangen – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Hadiri Tradisi Tumbilotohe, Dirjen Bimas Kemenag RI Mengaku Kangen

LIMBOTO, Republikpos.com – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Senin (11/6) malam bersama dengan sejumlah tokoh adat menggelar tradisi penyalaan lampu atau Tumbilotohe di rumah jabatan Bupati Gorontalo.

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Gorontalo ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Muhammadiyah Amin, anggota DPR RI, Fadel Muhamad bersama istrinya yang juga adalah mantan anggota DPD RI dari Gorontalo, Hana Hasanah.

Dirjen Bimas Kemenag RI, Muhammadiyah Amin yang ditemui pada kegiatan tersebut mengungkapkan rasa rindunya dengan tradisi Tumbilotohe. “Saya rindu tradisi budaya ini, makanya setelah diundang oleh Bupati Gorontalo saya langsung menyatakan siap untuk datang. Apalagi tradisi seperti ini sangat unik dan hanya di Gorontalo. Walaupun besoknya saya harus kembali untuk melakukan sidang isbat di Masjid Istiqlal,” ujar mantan rektor IAIN Sultan Amay Gorontalo ini.

Loading...

Amin menambahkan, bahwa tradisi tumbilotohe ini adalah tradisi yang wajib dilestarikan. Dia juga menegaskan bahwa Tumbilotohe adalah budaya yang sarat dengan syareat Islam, karena dalam pelaksanaannya mengandung makna untuk menyambut lailatul qadar.

Amin berharap, pemerintah daerah segera mengusulkan kegiatan budaya ini ke Dirjen Bimas Islam sebagai satu ikon kegiatan keagamaan. “Jika sudah diusulkan, nanti Dirjen Bimas Islam yang akan merekomendasikan lagi ke Kementrian Pariwisata agar dijadikan sebagai kegiatan ikon pariwisata di Indonesia.” ujar Amin.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan bahwa tradisi Tumbilotohe bukan hanya akan dilestarikan, namun tetapi akan lebih diperkenalkan lagi ke masyarakat luas diluar Provinsi Gorontalo.

“Tradisi ini adalah salah satu daya tarik daerah kita. Ini juga menjadi identitas kita.” tukas Nelson.(em)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top