GI: Perencanaan Tentukan Realisasi Pelaksanaan Program – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

GI: Perencanaan Tentukan Realisasi Pelaksanaan Program

GORUT, Republikpos.com – Persiapan akan perencanaan program turut menentukan cepat atau lambatnya pelaksanaannya nanti, baik itu tindak lanjut terhadap proses lelang atau tender hingga pada pelaksanaannya nanti.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh aleg PKS Gustam Ismail yang menilai lambannya proses lelang atau tender pada tahun anggaran yang berjalan dapat disebabkan oleh tidak maksimalnya perencanaan yang dilakukan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

“Salah satu yang menyebabkan lambannya pelaksanaan program baik itu proses lelang atau tender dapat diakibatkan oleh tidak maksimalnya perencanaan program yang dilaksnakan oleh OPD” ungkap aleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) tersebut.

Loading...

Menurut Gustam, persiapan perencenaan tersebut memang sangat menentukan dalam proses pelaksanaan. “Seperti halnya dalam proses lelang atau tender. Terhadap dokumen lelang atau tender yang akan diproses tentunya akan berjalan dengan lancar jika proses perencanaannya matang” jelasnya.

Sebelum diserahkan dari OPD ke ULP, dokumen pekerjaan tentu harus disiapkan semaksimal mungkin. “Persiapannya termasuk menjalin koordinasi dan juga komunikasi dengan pihak-pihak terkait oleh OPD pemilik program” tegasnya.

Sehingganya, ketika dokumen tersebut diserahkan dan akan dievaluasi oleh ULP, tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. “Sehingga dokumen tersebut tidak harus bolak balik dari OPD ke ULP ketika masih ada yang kurang balik lagi ke OPD sehingga waktu hanya tersita pada persoalan dokumen” paparnya.

Untuk itu, apa yang disampaikan ini dapat diperhatikan dengan oleh OPD dan juga ULP demi percepatan realisasi pelaksanaan program.(ms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top