Haris Hadju Resmi Buka Bimtek PPRG di Makassar – REPUBLIKPOS.COM
Press Release

Haris Hadju Resmi Buka Bimtek PPRG di Makassar

MAKASSAR, Republikpos.com – Penjabat Sementara Bupati Kabupaten Gorontalo Utara Drs. Abdul Haris Hadju, MM saat membuka rangkaian Kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) tingkat Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2018, Kamis (7/6) di Hotel Ramedo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Saat menyampaikan sambutannya, PJS Bupati Gorut ini mengungkapkan bahwa kegiatan Bimtek PPRG dalam penganggaran setiap OPD di Daerah Kabupaten Gorut ini sangat penting guna meminimalisir terjadinya kekerasan bagi kaum perempuan dan anak di Gorontalo Utara.

Haris Hadju yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Gorut, dan Plh Sekda Gorut ini menyampaikan bahwa sejalan dengan amanat konstitusi negara yang menjunjung tinggi hak azasi setiap warga negara, Pemerintah Kabupaten Gorut ikut terlibat aktif dalam berbagai komitmen terkait dengan pembangunan Gender.

Paradigma pembangunan gender kata Haris, lebih menekankan pada bagaimana keikutsertaan perempuan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemberdayaan dalam pembangunan. Namun dalam perkembangannya peranan perempuan tidak hanya sekedar pelaku pembangunan tetapi peran serta perempuan menjadi perhatian dan pertimbangan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan berbagai program pembangunan melalui Pengarusutamaan Gender (PUG).

Lebih lanjut Haris menjelaskan, saat ini faktor PUG sering bertolak belakang dengan apa yang terjadi di tengah masyarakat. Berbagai kasus kekerasan pada perempuan dan anak, kekerasan oleh anak kepada orang tua, penculikan anak, dan berbagai persoalan kekerasan lainnya dianggap sangat urgent dan masuk dalam kategori emergency dan tentunya hal ini menjadi perhatian semua pihak baik Pemerintah Daerah, organisasi maupun masyarakat.

Sehingganya Penjabup Haris menilai ada berbagai faktor yang berpengaruh dalam kekerasan dalam rumah tangga yang menjadikan kaum perempuan dan anak menjadi korban kekerasan. “Saya ingatkan bahwa kekerasan bukan hanya tentang fisik saja, akan tetapi juga berpengaruh pada psikis seseorang. Olehnya, hindari kedua kekerasan tersebut,” jelas Haris hadju.

Selain itu, Haris juga mengingatkan agar seluruh Pimpinan OPD, Camat, Aparat pemerintah Daerah Gorut dan seluruh Peserta Bimtek agar dapat menjadi contoh yang baik bagi keluarga dan masyarakat di daerah. “Stop Kekerasan dalam rumah tangga. Ayo, kita mulai dari diri sendiri, keluarga, dan mudah-mudahan dapat menjadikan contoh yang baik kepada masyarakat,” imbaunya.

Pj Bupati berharap dengan adanya pelatihan ini selain akan mempercepat pemahaman bahwa perencanaan dan penganggaran responsif gender, juga apa yang didapatkan dari Bimtek ini dapat diimplementasikan pada kehidupan berkeluarga, lingkungan pekerjaan dan bermasyarakat. Bupati pun menghimbau dengan adanya kegiatan bimtek PPRG dapat menekan jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga bagi seluruh masyarakat yang ada di daerah Gorut.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top