Pemprov Gorontalo Siap Penuhi Target SDGs – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Press Release

Pemprov Gorontalo Siap Penuhi Target SDGs

kepala bappeda provinsi gorontalo budiyanto sidiki.

JAKARTA, Republikpos.com – Sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap kesepakatan global untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menintegrasikan Rencana Aksi Daerah (RAD) sesuai dengan tuntutan SDGs dalam RJPMD.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Gorontalo saat menghadiri Peluncuran Rencana Aksi Nasional (RAN) SDGs, Selasa (5/6). “Dengan terintegrasinya SDGs dalam RJPMD, berarti tujuan pembangunan daerah sudah sejalan dengan pembangunan global. Jadi keinginan dari SDGs ini adalah bagaimana me-localize sasaran pembangunan global menjadi sasaran pembangunan daerah, dan itu sudah kami lakukan di Gorontalo,” ujar Budiyanto Sidiki saat mendampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada acara tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang memberikan mandat pembentukan Tim Koordinasi Nasional yang dipimpin Presiden sebagai Ketua Dewan Pengarah, Wakil Presiden sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah, serta Menteri PPN/Kepala Bappenas selaku Koordinator Pelaksana yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

Loading...

RAN TPB/SDGs adalah pedoman bersama yang disusun secara inklusif, rinci, transparan, terukur dan akuntabel, baik oleh pemerintah, organisasi kemasyarakatan, filantropi dan pelaku usaha, maupun akademisi, untuk mencapai tujuan 17 tujuan dan 169 target TPB/SDGs yang mencakup dimensi sosial, ekonomi, lingkungan serta hukum dan tata kelola secara terintegrasi.

Sebagai upaya agar agenda pembangunan nasional dapat secara konkret berkontribusi signifikan untuk pencapaian agenda pembangunan global, Indonesia telah menyelaraskan RAN TPB/SDGs tersebut dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Sementara itu Wapres Jusuf Kalla sekaligus sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah pada acara tersebut menyampaikan bahwa peluncuran RAN SDGs adalah wujud komitmen kuat untuk melaksanakan dan memastikan agar SDGs di Indonesia dapat dicapai. Sebagai salah satu role model dunia dalam proses pelaksanaan SDGs, Indonesia membuka diri untuk bekerja sama dengan siapa pun yang berkeinginan besar untuk mendukung pencapaian SDGs, baik di dalam maupun luar negeri.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top