KPU Gorut Ingatkan Soal Laporan Dana Kampanye – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

KPU Gorut Ingatkan Soal Laporan Dana Kampanye

GORUT, Republikpos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) rencananya akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penyusunan Laporan Dana Kampanye (LDK) yang pelaksanaannya direncanakan pada hari ini 5 Juni.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum Sekertariat KPU Kabupaten Gorut, Ali Opaladu, “Terkait dengan LDK masing-masing pasangan calon, kami rencananya akan membekali lagi tim pemenangan pasangan calon masing-masing terkait dengan penyusunan LDK pasangan calon” ungkap Ali saat dihubungi via selulernya.

Ali menambahkan bahwa beberapa waktu lalu pasangan calon telah memasukan laporan dana kampanye mereka. Untuk LDK sendiri ada beberapa jenis sebagaimana yang telah dimasukan yang pertama yakni Laporan Dana Awal Kampanye yang dimasukan pada Februari kemarin. “Kemudian pada bulan April, pasangan calon memasukan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan telah diterima oleh KPU Kabupaten Gorut” jelas Ali.

Untuk selanjutnya KPU akan menerima lagi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), paling lambat pada 24 Juni mendatang pukul 18.00 wita. “Nantinya, seluruh LDK mulai dari LDAK, LPSDK dan LPPDK tersebut akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Gorut” ujarnya.

Ada 3 (tiga) hal yang penting untuk diperhatikan dalam LDK pasangan calon ini kata Ali. Yang pertama, LDK harus diserahkan tepat waktu dan tidak boleh lewat dari pukul 18.00 wita. “Kemudian seluruh pemasukan dan pengeluaran harus dicatat. Dan yang ketiga yakni untuk dana kampanye tidak boleh melewati batas maksimal yang telah ditetapkan yakni 6 milyar rupiah,” tegasnya.

Untuk itu, Ali sekali lagi menegaskan agar pada batas waktu pemasukan yang telah ditetapkan, pasangan calon harus menyerahkan LDK mereka, “Apapun yang terjadi, LDK harus dimasukan. Sebab jika ini tidak dilakukan maka akan ada sanksi yang akan diberikan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.(ms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top