Meriahnya Gebyar Malam Qunut di Batudaa - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Meriahnya Gebyar Malam Qunut di Batudaa

LIMBOTO, Republikpos.com – Setiap pertengahan bulan ramadhan ada tradisi unik yang dilaksanakan oleh masyarakat Gorontalo khususnya masyarakat Kecamatan Batudaa. Dimana pada setiap malam tanggal 15 ramadhan, selalu diadakan tradisi makan pisang dengan kacang yang telah secara turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat Batudaa dan sekitarnya.

Seiring waktu berjalan, tradisi ini berubah menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah Batudaa. Dimana setiap kali tradisi malam qunut diselenggarakan, pasti selalu menarik minat warga dari berbagai penjuru di Gorontalo untuk datang ke Batudaa. Bahkan tahun ini, tradisi ini tidak hanya diisi dengan kebiasaan makan pisang dengan kacang, tapi semakin dimeriahkan dengan agenda pasar malam, dan berbagai perlombaan.

Setiap tahunnya pula, dibentuk panitia khusus untuk memeriahkan even yang sudah menjadi agenda pariwisata di Kabupaten Gorontalo tersebut.

“Untuk tahun ini kita memang menyajikan sejumlah agenda perlombaan untuk memeriahkan perayaan malam qunut, seperti lomba lari karung, tarik tambang, dan lomba makan kacang dan pisang,” ujar Onal salah satu anggota panitia pelaksana tradisi malam qunut.

Sementara itu, Pejabat Setda Provinsi Gorontalo, Anis Naki, yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa gebyar malam qunut adalah even perpaduan antara agama dan budaya. Kegiatan ini juga sangat sinkron dengan program pemerintah provinsi Gorontalo, “Karena masuk dalam pengembangan agama dan pelestarian budaya Gorontalo. Dengan sebagaimana kita tahu Gorontalo mempunyai filosofi, Adat bersendikan Syara, Syara bersendikan Kitabullah.” ungkap Anis.

Selain itu pula, kata Anis, perayaan malam qunut memiliki dampak positif, baik dari segi ukhuwah Islamiyah dan dari segi ekonomi. “Banyak terjadi transaksi pada malam ini dan masyarakatpun diuntungkan. Tak hanya itu momentum inipun telah menjadikan kita untuk saling bersilaturahim sesama masyarakat.” tandasnya.

Anis berharap kegiatan seperti ini semakin dikembangkan dimasa yang akan datang.(em)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top