e-KTP Tercecer di Bogor, Dahlan Pido: Harusnya Libatkan DPR dan Publik! – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Nasional

e-KTP Tercecer di Bogor, Dahlan Pido: Harusnya Libatkan DPR dan Publik!

Jakarta – Peristiwa tercecernya KTP elektronik di jalan di daerah Bogor pada Sabtu (26/05), telah menimbulkan kegaduhan di publik.

Kementerian Dalam Negeri sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait tercecernya satu kardus dan seperempat karung KTP-elektronik tersebut. Tjahjo Kumolo mengakui bahwa peristiwa itu merupakan kelalaiannya dalam melakukan pengawasan.

Meski demikian, sejumlah kalangan dan warganet terus memperdebatkannya dan mengaitkannya dengan pemilu dan pemilihan presiden 2019 nanti.

Kekhawatiran akan penyalahgunaan e-KTP untuk kepentingan pemilihan umum juga disuarakan oleh Wakil Ketua Umum Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA) Dahlan Pido.

“Untuk menghindari saling curiga, seharusnya audit atau investigasi kasus E-KTP yang tercecer di Bogor tidak sekedar dilakukan Kemendagri secara sepihak, melainkan juga melibatkan DPR sebagai mitra atau pengawas Kemendagri dan bahkan publik,” ujar Dahlan Pido.

Loading...

Menurut Dahlan, wajar kalau banyak masyarakat yang mengkaitkan dengan Pemilu. Pasal 348 ayat 8 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur bahwa pemilik KTP Elektronik bisa melaksanakan hak pilihnya meski tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap atau Daftar Pemilih Tambahan.

“Kita semua berkentingan agar Pemilu tahun depan tidak diwarnai pemilih hantu yang bisa merubah hasil pemilihan,” kata dia.

Karena itu, tambah Dahlan, perlu dihindari penyebaran informasi dan klaim kebenaran yang hanya bersifat otoritatif karena justru akan menimbulkan kecurigaan.

“Sebagai contoh keterangan Kemendagri bahwa E- KTP tersebut adalah invalid justru menimbulkan pertanyaan, karena secara fisik sebagaimana terlihat dari foto, E-KTP tersebut dalam keadaan baik dan tidak cacat,” tandas Dahlan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top