Sejumlah BMN di Gorut Resmi Beralih Status Jadi BMD - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Sejumlah BMN di Gorut Resmi Beralih Status Jadi BMD

Pjs bupati Gorontalo utara haris hadju menandatangani berita acara serah terima aset BMN dari kementerian PUPR RI. Foto: Arif/humas.

JAKARTA, Republikpos.com – Sejumlah aset negara resmi dialihkan statusnya menjadi aset daerah. Pengalihan status aset ini resmi berlaku sejak berita acara serah terima hibah aset atau barang dilakukan.

Pada Jumat (25/5), Penjabat Sementara Bupati Gorontalo Utara Abdul Haris Hadju resmi menandatangani naskah dan berita acara serah terima hibah Barang Milik Negara (BMN) dari Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Penandatanganan berita acara ini dilangsungkan di pendopo Kementerian PUPR, Jakarta.

Kabupaten Gorontalo Utara sendiri menerima hibah aset berupa pengembangan kawasan pemukiman, pengembangan sistem penyehatan lingkungan pemukiman, serta pengembangan sistem penyediaan air minum dengan nilai total Rp. 15.322.696.837 dari tahun 2010 sampai 2013.

Pjs Bupati Gorontalo Utara Abdul Haris Hadju yang diwawancarai usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan diserah terimakannya aset-aset tersebut, maka pemerintah daerah Gorontalo Utara bertanggung jawab penuh atas aset yang diserahkan. “Untuk itu aset-aset yang diserahkan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat dan daerah,” ujar Haris Hadju.

Sementara itu, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo mengatakan bahwa serah terima hibah aset-aset tersebut adalah tindak lanjut dari rekomendasi dari perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo. Rekomendasi BPKP itu bertujuan agar aset-aset tersebut dapat dipelihara dan dikembangkan oleh pemerintah daerah itu sendiri.

”Aset-aset ini semua setelah kami serah terimakan maka akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya bagi pemerintah daerah,serta aset ini dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya”jelas Hartoyo.

Selain Gorontalo Utara ada 196 daerah lain yang juga menerima hibah BMN dengan total aset yang diserahkan lebih dari 1 trilyun rupiah.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top