Difasilitasi Kemendagri, Pemkab Gorut dan Pemkab Gorontalo Duduk Bersama Bahas Tapal Batas - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
Uncategorized

Difasilitasi Kemendagri, Pemkab Gorut dan Pemkab Gorontalo Duduk Bersama Bahas Tapal Batas

JAKARTA, Republikpos.com – Dalam rangka penerapan peraturan perudang-udangan maupun rancangan Permendagri mengenai batas wilayah antara pemerintah daerah Kabupaten Buol (Sulawesi Tengah) dengan Kabupaten Gorontalo Utara (Provinsi Gorontalo), maka pihak Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Pusat dan Daerah dalam rangka finalisasi dan harmonisasi rancangan Permendagri tentang batas daerah dan validasi peta batas wilayah III, yang berlangsung Kamis (24/5), di hotel The Media and Tower, Jakarta.

Rapat tapal batas antara Kabupaten Gorut dengan Kabupaten Gorontalo ini dipimpin langsung oleh Kasubdit Batas Antar Daerah Kemendagri, Drs. Wardani, MAP, juga dihadiri Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Dr. Tumpak H. Simanjuntak, MA, Penjabat Bupati Gorut, Drs. Abdul Haris Hadju, MM bersama jajaran pemerintah daerah dan sejumlah Camat, dan pihak pemkab Gorontalo yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra bersama jajarannya.

Dalam sambutanya, Pjs Bupati Gorut Haris Hadju mengungkapkan bahwa persoalan tapal batas antara Kabupaten Gorontalo Utara dengan Kabupaten Gorontalo sejak tahun 2010 ini sering berubah-ubah, sehingga tidak ada kepastian hukum yang pasti. Olehnya melalui rapat yang menghadirkan semua pihak terkait, maka perlu adanya penentuan batas daerah ini sesuai hasil dan keaepakatan bersama.

“Persoalan tapal batas ini seharusnya tidak perlu diberdebatkan lagi. Mari kita sesuaikan saja dengan kesepakatan yang ada sesuai dokumen yang sudah ada. Kemudian diperkuat kembali pada pertemuan selanjutnya yang sekaligus disaksikan oleh Gubernur dan ketua DPRD Provinsi Gorontalo. Saya yakin pihak Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan menyetujuinya mengingat Kabupaten Gorontalo adalah orang tua atau induk dari Kabupaten Gorontalo Utara. Jadi, tidak perlu diperdebatkan lagi,” ungkap Pjs Bupati Haris Hadju.

Rapat diakhiri dengan penandatangan kesepakatan sementara antara kedua daerah ini yang disaksikan dari pihak Kemendagri. Kesepakatan ini memuat bahwa Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan Pemkab Gorontalo telah menyepakati beberapa garis batas daerah yang ada di desa Pontolo Kabupaten Gorontalo Utara dan Desa Mootilango Kabupaten Gorontalo yang menyisakan garis batas pada sub-segmen TK-03A dan PBU-10 yang akan dilakukan koordinasi kembali untuk memilih garis batas yang dimediasi oleh pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo. Dan selanjutnya hasil dari peninjauan dilapangan nanti akan dilaporkan kembali ke pihak Kemendagri.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top