Provinsi Gorontalo Raih UHC JKN-KIS Award 2018 - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Provinsi Gorontalo Raih UHC JKN-KIS Award 2018

JAKARTA, Republikpos.com – Program kesehatan gratis yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo terhadap masyarakat miskin di Gorontalo sejak tahun 2012 silam akhirnya menuai hasil yang memuaskan. Rabu (23/5) Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, diundang khusus di Istana Negara untuk menerima anugerah penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS award yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Tahun ini, hanya ada empat provinsi yang menerima penghargaan ini, yakni DKI Jakarta, DI Aceh, Papua Barat, dan Gorontalo.

“Ini adalah kesuksesan kita semua, baik pemerintah daerah maupun DPRD, yang mau bahu-membahu menanggung jaminan kesehatan warga miskin yang ada di Gorontalo,” ujar Gubernur Rusli Habibie.

Gubernur Rusli mengakui jika pada tidak mudah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada warga miskin di Gorontalo. Di awal program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) pada tahun 2012 silam, pemrintah baru sanggup menanggung Rp. 12.000 per orang. Namun seiring waktu berjalan, jumlah itu naik sesuai dengan regulasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

“Terima kasih juga kepada pemerintah kabupaten dan kota yang mau sama-sama menanggung jaminan kesehatan warga miskin,” tuturnya.

Di Gorontalo sendiri, warga miskin memiliki banyak kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Cukup berbekal KTP saja, maka warga miskin tersebut sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis dari fasilitas kesehatan terdekat. “Cukup KTP saja, sambil menunggu yang bersangkutan mengurus kartu Jamkesta sesuai prosedur.” tutup Gubernur dari Partai Golkar ini.(lrs)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top