96 Persen Masyarakat Tercover JKN, Pemkab Gorut Raih JKN UHC Award 2018 – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Uncategorized

96 Persen Masyarakat Tercover JKN, Pemkab Gorut Raih JKN UHC Award 2018

JAKARTA, Republikpos.com – Prestasi yang cukup prestisius dibidang kesehatan, yakni JKN UHC Award juga berhasil diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara meraih. Anugerah penghargaan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ini menjadikan Gorut sebagai salah satu daerah yang layak mendapat anugerah penghargaan karena 96 persen masyarakatnya telah tercover dengan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Anugerah penghargaan JKN Award ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo kepada Pejabat Sementara Bupati Gorut Haris Hadju, Rabu (23/5), di Hotel Mercure Jakarta.

Pjs Bupati Gorut Haris Hadju yang dihubungi usai menerima anugerah penghargaan tersebut mengaku sangat bangga atas pencapaian Gorontalo Utara dalam hal jaminan kesehatan terhadap masyarakat.

Haris menjelaskan selama ini Pemerintah daerah terus berupaya mengoptimalkan pelayanan dan koordinasi lintas pemangku kepentingan khususnya untuk menjamin keberlangsungan Program JKN-KIS, salah satunya melalui Instruksi
Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Program JKN.

“Program JKN-KIS merupakan salah satu Program Prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi-JK yang tercantum dalam Nawacita ke-5, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia, yang kemudian diterapkan pada seluruh daerah Wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia. Khusus di Gorontalo Utara, program JKN sendiri hingga akhir tahun 2017 kemarin jumlah masyarakat Gorut yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN sebanyak 96 Persen lebih, yakni sekitar 119 ribu jiwa dari 124 ribu penduduk Gorut. Oleh karena itu Kabupaten Gorut masuk dalam 120 Kabupaten/Kota yang meraih UHC Award dari pemerintah Pusat karena telah mencapai standar 95 persen,” ungkap Pjs Haris Hadju.

Lebih lanjut Pjs Haris menjelaskan bahwa program JKN yang menjadi tanggungan pemerintah daerah Kabupaten Gorut sendiri sudah mencapai 26 ribu jiwa, Pemerintah Provinsi 19 ribu jiwa, dan Pemerintah Pusat 65 ribu jiwa, yang terdiri dari aparat ASN 6000 jiwa, dan peserta mandiri sebanyak 3000 jiwa, dengan jumlah anggaran premi JKN pertahun mencapai 7,2 Milyar rupiah.

Pemerintah Goronalo Utara juga akan terus berupaya untuk dapat mencapai 100 persen warga tercover program JKN.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top