Tingkatkan PAD, DPRD Minta OPD Gorut Berinovasi - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Tingkatkan PAD, DPRD Minta OPD Gorut Berinovasi

GORUT, Republikpos.com – Sebagai satu wilayah, Kabupaten Gorontalo Utara (GORUT) sarat akan potensi. Baik sumber daya alam, maupun sumber daya manusia. Untuk itu sangat dibutuhkan inovasi dari pihak eksekutif, dalam hal ini Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam pengelolaan SDA maupun SDM di Gorontalo Utara.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Lukman Botutihe menyampaikan, bahwa pendapatan asli daerah (PAD) sangat berperan dalam memajukan satu daerah, termasuk Gorontalo Utara. Sehingga itu, untuk memompa angka PAD Gorut, OPD terkait harus dapat berinovasi agar PAD benar-benar dapat digenjot.

Karena daerah, kata Lukman tidak dapat selamanya bergantung pada dana APBD maupun APBN. “Tujuan kita sudah jelas, jika daerah ini (Gorut.red) harus bisa mandiri. Untuk itu PAD Gorut harus dapat digenjot. Salah satunya adalah dengan inovasi dari OPD OPD terkait,” ujar Lukman saat dihubungi awak Republikpos.com beberapa waktu lalu.

Lukman juga mengatakan, jika sangat disayangkan jika daerah seperti Gorut yang kaya akan potensi tidak dapat berkembang sebagaimana mestinya, hanya karena pihak eksekutif tidak dapat melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat positif bagi daerah.

“Untuk itu juga, kami di DPRD sangat mendorong pihak eksekutif untuk meningkatkan SDM mereka, agar inovasi program kerja demi peningkatan PAD bisa benar-benar diimplementasikan,” jelasnya.

Ada beberapa sektor yang memiliki potensi besar sebagai sumber PAD di Gorontalo Utara, diantaranya adalah sektor pariwisata, pajak dan retribusi, serta sektor UKM. “Kita bisa memulai dari ketiga sektor tersebut. Jangan terlalu melebar, optimalkan dulu apa yang sudah ada, tanpa harus mengesampingkan potensi-potensi lain seperti sumber mineral, maupun industri,” papar Lukman.(ms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top