Dikes Kabgor dan BPOM Gelar Uji Sampel Takjil, Ini Hasilnya – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Dikes Kabgor dan BPOM Gelar Uji Sampel Takjil, Ini Hasilnya

LIMBOTO, Republikpos.com – Untuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat sekaligus agar ibadah puasa umat muslim di Kabupaten Gorontalo tetap terjaga dan lancar, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kesehatan Kabgor melakukan pengambilan sampel-sampel takjil yang kini marak dijajakan setiap sore hari atau setiap jelang waktu berbuka puasa.

Pengambilan sampel ini untuk memastikan apakan takjil-takjil yang dijual tersebut terbebas dari bahan kimia berbahaya seperti borak. “Para pedagang yang menjual jajanan buka puasa serta aneka makanan dan minuman di bulan ramadhan harus betul-betul mengedepankan kebersihan makanan, steril dan terhindar dari bahan-bahan kimia seperti boraks dan sebagainnya.” ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Dari pantauan republikpos, Senin (21/5) sore tadi, Dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo bersama Badan Pengaawas Obat dan Makanan (BPOM) langsung melakukan pengambilan sampel dibeberapa titik tempat pedagang takjil.

Setelah melakukan uji terhadap sampel yang diambil, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK), Sujono Suparman Taib mengatakan, dari pengambilan sampel di tiga kecamatan yaitu Telaga Biru, Limboto, dan Limboto Barat, tidak ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

“Tiga kecamatan ini sengaja dipilih karena memang ramai dipadati oleh para warga saat menjelang buka puasa. Dan Alhamdulillah, dari 30 sampel jenis makanan dan minuman yang diperiksa semuanya negative. Berarti sudah mulai ada kesadaran dari para pedagang.” Ungkap Sujono

Ia menambahkan, Kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk melakukan pemeriksaan terhadap Rhodamin-B, Boraks Formalin, dan Metanil Yellow yang merupakan bahan berbahaya yang seharusnya tidak ada dalam olahan produk makanan dan minuman.” Pungkas Sujono.(em)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top