Rekruitmen KPPS Pilkada Gorut 2018 Dimulai – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Rekruitmen KPPS Pilkada Gorut 2018 Dimulai

Komisioner KPUD Gorontalo Utara, Gandhi A. Tapu.

GORUT, Republikpos.com – Panitia Pemungutan Suara (PPS) atas nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mulai melaksanakan rekruitmen terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Gorut Moh. Gandhi A. Tapu mengatakan, pada pelaksanaan Pilkada 2018, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah ditetapkan sebanyak, 257 TPS. Setiap TPS kata dia, nantinya akan ditugaskan 7 petugas KPPS. Masing – masing PPS kata Gandhi, akan melakukan rekruitmen KPPS ini, hingga 25 Mei 2018 mendatang. Persyaratannya tidak jauh berbeda dengan pada pelaksanaan rekruitmen PPS beberapa waktu lalu.

“Berusia 17 tahun, kemudian juga ada syarat lagi, belum pernah menjadi petugas KPPS selama dua periode,” kata Gandhi.

Loading...

Dua periode tersebut kata Gandhi lagi, yakni periode pertama tahun 2004 – 2010 dan periode kedua, tahun 2010 – 2014. Pembuktiannya juga harus dilakukan oleh calon petugas KPPS atau yang berminat, dengan membuat surat pernyataan serta Daftar Riwayat Hidup (DRH).

Proses seleksi dari KPPS akan dilakukan oleh PPS melalui wawancara. “Tidak ada lagi tes tulis, namun ketika ada pelamar dalam satu TPS melebihi kuota 7 orang, maka PPS akan melakukan wawancara,” ungkap Gandhi.

Nantinya kata dia, petugas KPPS yang akan direkrut, jumlahnya mencapai 1799 petugas. Persyaratan lainnya, seperti surat keterangan sehat dari puskesmas. Dia berharap, pelaksanaan rekruitmen KPPS ini bisa berjalan lancar, utamanya petugas yang akan direkrut nanti, bisa menjalankan tugas pada hari pemungutan suara nanti, dengan baik dan benar.(ms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top