Kementerian Dalam Negeri Gelar Rapat Konsolidasi Penyiapan RJPMD 2019-2023 – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Kementerian Dalam Negeri Gelar Rapat Konsolidasi Penyiapan RJPMD 2019-2023

JAKARTA, Republikpos.com – Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menyatakan bahwa pemerintah pusat ingin memastikan program strategis nasional dapat berjalan efektif hingga di tingkat desa.

” Pemerintah pusat ingin program strategis nasional ini bisa berjalan hingga tingkat desa. Seiring sejajar dengan program pemerintah provinsi dan kabupaten kota. Dan janji kampanye bagi kepala daerah terpilih nanti menjadi program strategis yang dijabarkan dalam RPJMD,” kata Tjahjo, saat menyampaikan sambutannya pada rapat konsolidasi penyiapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) 2019-2023, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (16/5).

Konsolidasi itu dihadiri oleh pejabat pemerintah daerah seperti anggota Bappeda hingga kepala dinas baik di tingkat provinsi hingga kabupaten se-Indonesia.

Sehingganya, acara konsolidasi yang merupakan hasil pembicaraan panjang bersama Kementerian Keuangan dan Bappenas itu, kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, bertujuan untuk memaksimalkan sinergitas program pembangunan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga ke pemerintahan di tingkat desa.

Loading...

Plh. Sekda Provinsi Gorontalo, Anies Naki.

Sementara itu, Plh. Sekda Provinsi Gorontalo, Anies Naki, yang ditemui disela-sela kegiatan konsolidasi tersebut mengungkapkan bahwa, konsolidasi ini akan menjadi penguat dalam penyusunan RJPMD kedepan.

“Tidak seperti yang berkembang di diskusi tadi, yang seakan-akan hal ini menjadi penghambat dalam penyusunan RJPMD,” kata Anies Naki.

Selain itu pula, kata Anies, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang juga disampaikan pada rapat konsolidasi itu, diharapkan menjadi penyempurna dari penyusunan RJPMD Provinsi Gorontalo.

Anies juga menambahkan, bahwa hasil dari Pilkada serentak di daerah juga akan menjadi penentu dalam penyusunan RJPMD nanti, sehingga diharapkan, para kepala daerah yang terpilih nanti, dapat bersinergi dan bersama-sama dengan DPR dalam menyusun RJPMD.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top