Jelang Ramadhan Pemkab Gorut Salurkan PDRP – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Jelang Ramadhan Pemkab Gorut Salurkan PDRP

GORUT, Republikpos.com – Jelang bulan suci Ramadhan 1439 H tahun 2018, segala kebutuhan pokok masyarakat yang ada di seluruh daerah khususnya Kabupaten Gorontalo terus menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Gorut. Hal ini diupayakan agar tidak terjadi tumpang tindih dan permainan Harga di pasar. Begitu pun kebutuhan bahan pokok masyarakat yang berada di pelosok desa yang ada di daerah Gorut menjadi persoalan tersendiri bagi pemerintah daerah Gorut. Sehingganya, guna mengantisipasi hal tersebut, Pemkab Gorontalo Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan program Bantuan Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) Tahun 2018, Rabu (16/5) kemarin yang dialokasikan di Kecamatan Ponelo Kepulauan tepatnya di tiga desa terpencil yakni Desa Malambe, desa Tihenggo dan Desa Otiola.

Penyerahan Program bantuan PDRP pemda Gorut tersebut diserahkan langsung oleh Kadis Ketahanan Pangan Gorut, Ir. Rian Sukardi, yang juga disaksikan oleh Kepala Desa serta unsur pemerintah kecamatan, Panwas Kecamatan, serta seluruh masyarakat warga penerima bantuan PDRP di 3 desa di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Dalam sambutannya, Kadis Ketahanan Pangan Gorut Ir. Rian Sukardi mengungkapkan program bantuan PDRP merupakan program pemerintah daerah yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan khususnya bagi masyarakat di desa terpencil yang ada di Gorut. Ditambah lagi menjelang bulan Ramadhan ini tentunya kebutuhan pokok masyarakat kian meningkat. Sehingganya, Program Bantuan ini diserahkan guna mempermudah dan lebih mendekatkan kios pangan dengan masyarakat. “ya, Program Dinas Ketahanan Pangan salah satunya mengintervensi titik-titik daerah atau desa rawan pangan yang masuk dalam Kategori I Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerawanan Pangan dan hasil analisis sistem pengawasan pangan dan Gizi, dan sasarannya adalah masyarakat penerima bantuan dan keluarga miskin yang berada di daerah rawan pangan kategori 1, berdasarkan hasil verifikasi dan investigasi tim Dinas Ketahanan Pangan Gorut,” ungkap Rian Sukardi.

Berbagai bantuan PDRP tersebut diantaranya berupa beras, minyak goreng, mie instan, telur, gula pasir dan kebutuhan pokok lainnya yang disalurkan melalui kios pangan.

Untuk bantuan PDRP yang diserahkan di 3 Desa berjumlah 190 KK yang semuanya gratis. Agar lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, maka akan dimanfaatkan Kios Pangan di sejumlah desa terpencil untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pangan bagi masyarakat dengan harga yang telah disubsidi pemerintah daerah.

“Khusus untuk anggaran Program Pangan ini melalui Kios Pangan merupakan dana Hibah bantuan dari pemerintah Daerah dan Provinsi Gorontalo. Sehingganya, diharapkan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna memenuhi kebutuhan akan pangan di seluruh desa terpencil yang ada di daerah Gorut.” tutupnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top