Pembebesan Lahan Untuk Kodim Diduga Bermasalah, DPRD Gorut Akan Bentuk Pansus – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Pembebesan Lahan Untuk Kodim Diduga Bermasalah, DPRD Gorut Akan Bentuk Pansus

GORUT, Republikpos.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna menyelidiki lebih lanjut persoalan pembebasan lahan untuk pembangunan Kodim.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gorut, Nurdjanah Yusuf usai pelaksanaan rapat antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Gorut dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (RAPD) di ruang kerja Ketua DPRD, Rabu (16/5).

” Rencananya kami akan membentuk Pansus terkait pembebasan lahan Kodim yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorut melalui instansi teknis terkait” terang Nurdjanah.

Lebih lanjut dijelaskan oleh penasehat Fraksi Golkar tersebut, tindakan yang akan diambil oleh DPRD Kabupaten Gorut tersebut bukan tanpa alasan yang jelas. “Disini kami menilai, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang bertanggungjawab atas pembebasan lahan tersebut seakan menyembunyikan sesuatu,” ungkapnya.

Menurut Politisi partai Golkar tersebut, dari penjelasan yang diminta, OPD terkait tidak terbuka. Sehingga kami menduga ada hal yang tidak beres yang terjadi. ” Ketidak jelasan OPD terkait dalam memberikan penjelasan dan terkesan menyembunyikan sesuatu tentu mengisyaratkan sesuatu yang diduga sebuah ketidak beresan dalam proses pembebasan lahan,” tegasnya.

OPD terkait kata Nurdjanah harusnya bersikap terbuka terhadap proses pembebasan lahan tersebut. “Oleh karena sikap OPD yang mencurigakan dan ada dugaan ketidak beresan, maka DPRD Kabupaten Gorut akan mebentuk Pansus” kata Nurdjanah.

Tidak menutup kemungkinan nantinya Pansus yang akan dibentuk bukan saja menyelidiki proses pembebasan lahan Kodim, “Bisa saja hal ini akan berkembang ketika ada temuan nantinya. Misalnya terhadap status kepemilikan lahan sebelumnya hingga dapat dibebaskan dan bagaimana proses pembebasannya serta bagaimana sistem pembayaran dan penilaian terhadap tanah tersebut dan termasuk harganya,” tegasnya.

Untuk Pansus yang akan dibentuk nanti prosesnya pada pekan depan pada lanjutan pembahasan pergeseran anggaran yang akan dilakukan oleh DPRD Kabupaten Gorut melalui Banggar bersama TAPD.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top